CERITA : TIPS PALING PENTING SEBELUM TRAVELING



Berlibur atau traveling merupakan pilihan bagi orang pada umumnya untuk menghabiskan waktu libur, baik sendiri atau bersama teman maupun bersama keluarga, khususnya kita orang Indonesia yang umumnya lebih konsumtif, terlebih khusus lagi bagi sebagian besar kita yang merupakan generasi milenial. 

Maka dari itu, tidak heran setiap memasuki peak season umumnya harga tiket pesawat dan tarif kamar hotel melambung drastis akibat tingginya permintaan.


Melakukan traveling di musim liburan umumnya memiliki dampak positif maupun negatif. Selain harga tiket yang menjadi lebih mahal, juga ramainya berbagai pusat wisata yang membuat liburan menjadi kurang menyenangkan, tidak kebagian tempat makan favorit dan lain – lain.

Terlebih jika prosesi traveling ke luar negeri, tentu membutuhkan persiapan yang baik agar liburan menjadi maksimal menyenangkan dan tidak mengecewakan. 

Untuk itu, dibawah ini merupakan beberapa tips (yang syariah aja ya, tips – tips yang berkaitan dengan yang haram tidak akan dibahas disini, bahkan penulis sarankan untuk tidak melakukannya), yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan traveling, yaitu :


1. Memilih jadwal yang berbeda dengan orang – orang pada umumnya. Informasi tentang kapan orang – orang secara umum akan berpergian sangat berpengaruh terhadap kualitas liburan yang akan dilakukan, termasuk didalamnya terkait masalah budget liburan. 

    Seperti misalnya, rencanakan segala persiapan traveling dari jauh – jauh hari dimana orang – orang pada umumnya masih belum terpikir atau melakukan persiapan untuk berlibur. Misal pesan tiket jauh sebelum peak season (umumnya dari 3 bulan menjelang puncak).


2. Tidak disarankan untuk melakukan wrapping pada barang bawaan. Umumnya ini akan menimbulkan kecurigaan, terlebih saat ada pemeriksaan ketat. Tentunya ini sangat merepotkan bahkan memalukan bagi sebagian orang jika barang – barang bawaannya dibongkar.


3. Antisipasi terhadap hambatan perjalanan. Seringkali hal ini diremehkan oleh kebanyakan orang yang pada akhirnya mengakibatkan mereka menjadi ketinggalan pesawat. Untuk itu, usahakanlah datang setidaknya 3 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk mengantisipasi berbagai kendala yang dapat mengakibatkan kita ketinggalan pesawat.


4. Makan dan minum secukupnya. Traveling itu pasti tidak lepas dari aktivitas wisata kuliner dan bersenang – senang. Maka sangat disarankan untuk melakukan secukupnya sebelum penerbangan. Jika ini diabaikan, maka perjalanan kita akan berpotensi menjadi kurang nyaman, seperti mengalami gangguan percernaan atau kesehatan lainnya, muntah atau bahkan mengalami kesulitan ketika toilet yang tersedia sangat sedikit atau tidak ada.


5. Melakukan  check and re-check. Ini juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan dimana tidak disarankan untuk terburu – buru dalam melakukan persiapan traveling. Usahakan melakukan persiapan dan rencana dari jauh – jauh hari dan melakukan pengecekan kembali terhadap barang bawaan.


6.  Menyimpan sumber dana ditempat yang berbeda. Antisipasi dalam hal keuangan pun perlu dilakukan. Seperti melakukan penyimpanan uang tunai dan kartu ATM maupun gadget (terkait uang elektronik) ditempat yang berbeda agar jika salah satunya hilang maka masih ada pilihan sumber dana lainnya.


7.  Jangan menaruh dompet disaku belakang. Alasannya sederhana, selain berpotensi jatuh juga berpotensi berpindah tangan secara tiba – tiba alias dicopet. Ada baiknya jika diletakkan di saku depan atau tas dibagian depan.


8. Sediakan semua dokumen penting dalam bentuk data elektronik. Tentunya cara ini untuk mengatisipasi jika kita kehilangan dokumen – dokumen penting tersebut agar nantinya tidak kesulitan untuk memperoleh dokumen – dokumen tersebut kembali.


9. Jangan mudah menaruh kepercayaan. Artinya, sebisa mungkin carilah informasi dari berbagai sumber untuk sebagai pembanding, sebab terkadang informasi dari sumber yang satu berbeda dari informasi yang berasal dari sumber yang lainnya.


10. Melakukan tindakan pencegahan terkait kesehatan. Ada baiknya jika tidak lupa membawa obat – obatan seperlunya, bahkan diperlu konsultasikan ke dokter jika sedang menderita suatu penyakit.


11.   Jangan tampakkan barang berharga. Penampilan yang sederhana tentunya dapat mengurangi risiko untuk menjadikan kita sebagai target tindak kejahatan. Seringkali kita itu menginginkan keamanan, akan tetapi tindakan kita justru mengundang ketidakamanan.


12. Monyet. Yups, penulis tidak sedang mencela, melainkan menyebutkan nama hewan terkait keamanan barang bawaan saat liburan. Di Indonesia daerah Bali contohnya, bukankah banyak kejadian terkait barang – barang milik wisatawan diambil oleh monyet dan tidak kembali lagi, khususnya handphone dan barang berharga lainnya. Jadi, jaga dan perhatikan baik – baik barang bawaanmu.

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)