ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)
A. Definisi Anggaran Perusahaan Jasa
Secara ringkas, fokus kegiatan
dari perusahaan jasa sendiri lebih simple
dibandingkan dengan perusahaan manufaktur maupun perusahaan dagang, yaitu suatu perusahaan
hanya berfokus pada bagaimana memberikan jasa dan pelayanan (service) dengan
sebaik mungkin untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi konsumen atau customer.
Menurut Philip Kotler, pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang
menawarkan tindakan yang abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan
pengalihan kepemilikan kepada orang lain. Seperti pada umumnya, bahwa
anggaran dalam perusahaan biasanya memiliki fungsi atau digunakan untuk mengestimasi, mengendalikan
dan mengawasi keuangan perusahaan.
Penganggaran perusahaan jasa atau service company budgeting merupakan anggaran yang disusun secara rinci mengenai segala aktivitas yang berhubungan
dengan penyampaian atau pemberian jasa dan pendukung lainnya untuk suatu periode waktu
tertentu di masa yang akan datang.
Master
budget atau anggaran induk bagi perusahaan jasa adalah sekumpulan anggaran
perusahaan yang disusun secara menyeluruh dan sistematis, yaitu dimana
membentuk suatu jaringan kerja dari berbagai macam anggaran yang saling
berhubungan satu sama lain. Anggaran induk pada umumnya disusun untuk jangka
waktu satu tahun (annual budget).
Secara umum anggaran tahunan atau master budget untuk perusahaan jasa juga
dapat dikelompokkan menjadi anggaran operasional (operational budget) dan anggaran keuangan (financial budget).
Menurut M. Narafin Anggaran operasional
merupakan anggaran yang bertujuan untuk menyusun laba rugi. Anggaran keuangan
adalah anggaran untuk menyusun anggaran neraca dimana terdiri atas anggaran
kas, anggaran piutang, anggaran persediaan, anggaran utang, dan anggaran
neraca.
B. Contoh Penyusunan Anggaran Perusahaan Jasa
Amanah
Cheung Consultant merupakan perusahaan yang bergerak
dibidang jasa konsultasi keuangan syariah. Dalam rangka menyusun anggaran
perusahaan untuk tahun 2020, Amanah
Cheung Consultant mengumpulkan informasi keuangannya di tahun 2019 sebagai
berikut :
Keterangan
|
Jumlah (Rp)
|
Pendapatan
dari transaksi Jasa
|
900.000.000
|
Biaya
tenaga kerja profesional
|
250.000.000
|
Biaya
tenaga kerja pendukung
|
100.000.000
|
Biaya
perlengkapan kantor
|
30.000.000
|
By.
transport dan akomodasi
|
200.000.000
|
Biaya
utilitas (listrik, dll)
|
18.000.000
|
Biaya
sewa
|
12.000.000
|
Biaya
penyusutan aktiva tetap
|
10.000.000
|
Berdasarkan data di atas, Amanah Cheung Consultant menyusun
anggaran dengan menggunakan data hasil proyeksi berikut ini :
1. Pendapatan
jasa akan meningkat 10%
2. Biaya
tenaga kerja profesional akan meningkat 15%
3. Biaya
tenaga kerja pendukung akan meningkat 5%
4. Biaya
perlengkapan dan utilitas akan meningkat 20%
5. Biaya
transportasi dan akomodasi naik 30%
6. Biaya
sewa fix cost dan penyusutan metode garis
lurus
Dari resume soal diatas, Permintaan (Klik gambar) :
Susun
anggaran laporan laba rugi untuk Amanah
Cheung Consultant untuk periode tahun 2020 :
Semoga cara atau contoh sederhana budgeting terkait perusahaan jasa ini bermanfaat ya . . . :-)
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/anggaran-perusahaan-lengkap-contoh.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/anggaran-perusahaan-anggaran-biaya.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/03/anggaran-perusahaan-pengertian-manfaat.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/anggaran-perusahaan-anggaran-biaya.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-konsep-dasar-manajemen.html
Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat!
ReplyDelete