ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)




A.  Definisi Anggaran Perusahaan Jasa
Secara ringkas, fokus kegiatan dari perusahaan jasa sendiri lebih simple dibandingkan dengan perusahaan manufaktur maupun perusahaan dagang, yaitu suatu perusahaan hanya berfokus pada bagaimana memberikan jasa dan pelayanan (service) dengan sebaik mungkin untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi konsumen atau customer.  

Menurut Philip Kotler, pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan tindakan yang abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan pengalihan kepemilikan kepada orang lain. Seperti pada umumnya, bahwa anggaran dalam perusahaan biasanya memiliki fungsi atau digunakan untuk mengestimasi, mengendalikan dan mengawasi keuangan perusahaan.

Penganggaran perusahaan jasa atau service company budgeting merupakan anggaran yang disusun secara rinci mengenai segala aktivitas yang berhubungan dengan penyampaian atau pemberian jasa dan pendukung lainnya untuk suatu periode waktu tertentu di masa yang akan datang.  


Master budget atau anggaran induk bagi perusahaan jasa adalah sekumpulan anggaran perusahaan yang disusun secara menyeluruh dan sistematis, yaitu dimana membentuk suatu jaringan kerja dari berbagai macam anggaran yang saling berhubungan satu sama lain. Anggaran induk pada umumnya disusun untuk jangka waktu satu tahun (annual budget).


Secara umum anggaran tahunan atau master budget untuk perusahaan jasa juga dapat dikelompokkan menjadi anggaran operasional (operational budget) dan anggaran keuangan (financial budget).


Menurut M. Narafin Anggaran operasional merupakan anggaran yang bertujuan untuk menyusun laba rugi. Anggaran keuangan adalah anggaran untuk menyusun anggaran neraca dimana terdiri atas anggaran kas, anggaran piutang, anggaran persediaan, anggaran utang, dan anggaran neraca.



B. Contoh Penyusunan Anggaran Perusahaan Jasa
Amanah Cheung Consultant merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa konsultasi keuangan syariah. Dalam rangka menyusun anggaran perusahaan untuk tahun 2020, Amanah Cheung Consultant mengumpulkan informasi keuangannya di tahun 2019 sebagai berikut : 

Keterangan
Jumlah (Rp)
Pendapatan dari transaksi Jasa
900.000.000
Biaya tenaga kerja profesional
250.000.000
Biaya tenaga kerja pendukung
100.000.000
Biaya perlengkapan kantor
30.000.000
By. transport dan akomodasi
200.000.000
Biaya utilitas (listrik, dll)
18.000.000
Biaya sewa
12.000.000
Biaya penyusutan aktiva tetap
10.000.000

Berdasarkan data di atas, Amanah Cheung Consultant menyusun anggaran dengan menggunakan data hasil proyeksi berikut ini :

1.   Pendapatan jasa akan meningkat 10%
2.   Biaya tenaga kerja profesional akan meningkat 15%
3.   Biaya tenaga kerja pendukung akan meningkat 5%
4.   Biaya perlengkapan dan utilitas akan meningkat 20%
5.   Biaya transportasi dan akomodasi naik 30%
6.   Biaya sewa fix cost dan penyusutan metode garis lurus

Dari resume soal diatas, Permintaan (Klik gambar) :
Susun anggaran laporan laba rugi untuk Amanah Cheung Consultant untuk periode tahun 2020 :



Semoga cara atau contoh sederhana budgeting terkait perusahaan jasa ini bermanfaat ya . . .  :-) 

Comments

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)