CERITA : KESABARAN TUK BERUBAH DARI SEEKOR RAJAWALI




Rajawali adalah jenis burung yang mempunyai umur terpanjang di dunia. Ia dapat hidup dan bertahan hingga 70 tahun. Akan tetapi untuk mencapai umut itu, seekor rajawali harus membuat keputusan besar ketika ia telah berusia 40 tahun.


Saat itulah, cakarnya mulai menua dan paruhnya pun menjadi panjang hingga membengkok bahkan hampir menyentuh dadanya. Sayapnya menjadi sangat berat karena bulunya telah tumbuh lebat dan tebal sehingga membuatnya kesulitan ketika terbang.


Ketika itu, ia hanya memiliki 2 pilihan saja, yaitu menunggu kematian atau menjalani proses transformasi yang menyakitkan selama 150 hari. Ketika ia melakukan transformasi tersebut, ia harus berusaha keras terbang ke atas puncak gunung untuk kemudian membuat sarang di tepi jurang, lalu berhenti dan tinggal di sana selama proses berlangsung.


Yang pertama kali dilakukannya ialah mematukkan paruhnya pada batu karang sampai paruh tersebut terlepas dari mulutnya dan kemudian menunggu hingga tumbuh paruh yang baru. Dengan paruh yang baru itu, ia harus mencabut satu per satu semua cakarnya dan menunggu cakar baru tumbuh. Ketika cakar baru telah tumbuh, ia akan mencabut bulu badannya satu per satu. Jika dibayangkan, tentu itu merupakan suatu proses yang panjang dan sangat menyakitkan.


Setelah 5 bulan kemudian, bulu – bulu yang baru telah tumbuh dan ia mulai terbang kembali. Dengan paruh dan cakar yang baru, ia mulai menjalani 30 tahun kehidupan barunya dengan penuh energi dan semangat.


Terkadang seperti itulah kita dalam kehidupan, harus mau melakukan sesuatu atau mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan demi berubah menjadi pribadi yang baru dan baik serta lebih baik lagi. Itu hanya dapat direalisasikan hanya bila kita bersedia untuk melakukan hal – hal baru, kita memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri kita menjadi baik atau lebih baik lagi sambil menatap masa depan dengan penuh keyakinan. 


Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)