AUDITING : BEBERAPA TUJUAN LAPORAN KEUANGAN



Laporan keuangan merupakan output secara general dari akuntansi atau dapat dikatakan juga sebagai produk akuntansi. Laporan keuangan menyediakan berbagai informasi terkait kinerja dan kondisi keuangan perusahaan bersangkutan yang bermanfaat bagi para pemangku kepentingan.


Laporan keuangan sendiri terdiri atas 5 laporan yaitu laporan laba rugi (income statement), laporan arus kas (cashflow statement), laporan modal ditahan, neraca keuangan (balance sheet) dan catatan atas laporan keuangan perusahaan.


Secara umum, tujuan dari pembuatan laporan keuangan ialah menyediakan informasi keuangan perusahaan tertentu kepada pemangku kepentingan. Secara lebih spesifik, para pemangku kepentingan ini kadang memiliki kepentingan atau keperluan yang berbeda – beda.


Misalnya pihak kreditur yang membutuhkan informasi keuangan untuk melihat kelayakan perusahaan tersebut dalam memperoleh pinjaman, pemerintah yang membutuhkan informasi keuangan untuk penentuan pajak perusahaan, perusahaan lain yang butuh akan informasi keuangan untuk melihat prestasi kerja perusahaan dalam rangka melakukan kerja sama, dan lain sebagainya.


Kegiatan analisis laporan keuangan perusahaan ini merupakan suatu kegiatan penting yang umumnya dilakukan setelah akhir tahun berdasarkan laporan keuangan yang telah disusun pihak perusahaan. Menurut Bernstein (1983), tujuan dari laporan keuangan adalah sebagai berikut :

1. Screening, Untuk mengetahui situasi dan kondisi perusahaan dari laporan keuangan tanpa pergi langsung ke lapangan.
2.  Understanding, yaitu memahami perusahaan, kondisi keuangan, dan hasil usahanya.
3. Forcasting, Untuk meramalkan kondisi keuangan perusahaan di masa yang akan datang.
4. Diagnosis, Melihat kemungkinan adanya masalah manajemen, operasi, keuangan atau masalah lain dalam perusahaan.
5. Evaluation, Analisis dilakukan untuk menilai prestasi manajemen.


Selain 6 poin diatas, tujuan lainnya dari laporan keuangan ialah digunakan untuk menilai kewajaran laporan keuangan yang disajikan. Tujuan ini umumnya berkaitan dengan tugas seorang auditor eksternal atau akuntan publik.

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)