MANAJEMEN : LINGKUP MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA



A.  Mengenal Pengertian MSDM
Pada dasarnya, menurut Mc. Leod (1995) manajer mengelola 5 jenis sumber daya yaitu manusia, material, mesin, uang dan informasi (termasuk data). Secara singkat dan sederhananya, manajemen sumber daya manusia (MSDM) merupakan proses pengelolaan sumber daya manusia oleh perusahaan sejak perencanaan penambahan karyawan, pencarian, perekrutan hingga telah bekerja dalam perusahaan secara kontinu. Sumber daya manusia disini tidak hanya untuk karyawan biasa, melainkan termasuk didalamnya tingkatan manajer dan ahli atau profesional serta karyawan dalam bentuk kemitraan.


Menurut Bohlarander dan Snell (2010:4) mengungkapkan pengertian manajemen sumber daya manusia adalah ilmu yang mempelajari bagaimana memberdayakan karyawan dalam perusahaan, membuat pekerjaan, kelompok kerja, mengembangkan para karyawan yang mempunyai kemampuan, mengidentifikasi suatu pendekatan untuk dapat mengembangkan kinerja karyawan dan memberikan imbalan kepada mereka atas usahanya dan bekerja.


Secara lebih sederhana dan singkat, Henry Simamora (1999:3) menjelaskan pengertian manajemen sumber daya manusia adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa, dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok pekerja.


Menurut Jack, CEO General Electric Company, bahwa produktivitas berasal dari setiap individu dengan membuat setiap orang sebagai bagian dari tiap langkah diambil perusahaan dan mengizinkan setiap orang berpendapat dan berperang sebagai bagian – bagian berpendapat dan berperan dalam keberhasilan suatu perusahaan, maka produktivitas yang diperoleh akan berlipat ganda. Dengan demikian, dapat dilihat betapa pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam rangka menjaga kualitas suatu perusahaan.



B.  Lingkup MSDM
Tugas dari manajemen sumber daya manusia ialah berkisar pada upaya mengelola unsur – unsur manusia dengan segala potensi yang dimilikinya seefektif mungkin sehingga dapat diperoleh sumber daya manusia yang puas dan memuaskan bagi organisasi. Lingkup manajemen sumber daya manusia itu sendiri ialah meliputi semua aktivitas yang berhubungan dengan sumber daya manusia dalam perusahaan atau organisasi.


Para manajer harus berusaha mengintegrasikan kepentingan dari para pekerja dengan kepentingan perusahaan atau organisasi secara keseluruhan, artinya harus ada timbal balik manfaat, tidak hanya manfaat yang searah saja. Berbagai masalah yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi antara lain sebagai berikut :

1.   Memperkerjakan karyawan yang tidak sesuai dengan tuntutan pekerjaan
2.   Mengalami perputaran karyawan (laborturnover) yang tinggi
3.   Karyawan tidak bekerja dengan kontribusi yang terbaik atau kurang termotivasi
4.   Terjadi diskriminasi karyawan
5.   Kondisi lingkungan kerja yang tidak aman (plus tidak nyaman)
6.   Ketidakadilan dalam penggajian atau pengupahan
7.   Kurangnya pelatihan dan pengembangan karyawan


Terkait dana produksi dimana manajemen sumber daya manusia meliputi usaha – usaha atau aktivitas – aktivitas suatu organisasi dan mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya secara umum dimulai dari proses pengadaan karyawan, penempatan, pengelolaan, pemeliharaan, pemutusan hubungan kerja hingga hubungan industri.


Selain itu, terdapat juga peran teknologi dalam manajemen sumber daya manusia dimana teknologi cukup penting bagi organisasi atau perusahaan beserta fungsi – fungsi manajemen sumber daya manusia. Faktor teknologi ini mempengaruhi alat yang tersedia beserta keahlian yang dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan. Komputerisasi ini seringkali dianggap sebagai sebab dari banyaknya orang kehilangan kesempatan bekerja atau kena PHK namun disisi lain juga membawa sebuah perubahan bagi karyawan.



C.  Perbedaan MSDM, Personalia dan Administrasi Personalia
Terdapat perbedaan yang mendasar antara manajemen sumber daya manusia dengan manajemen personalia atau kepegawaian. Perbedaan dari keduanya terletak pada lingkungan pembahasan pengelolaan sumber daya manusia.


Manajemen sumber daya manusia dilihat sebagai suatu strategi untuk mengelola setiap orang dalam suatu perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan bisnis atau sebagai suatu mekanisme pengintegrasian antara berbagai kebijakan perusahaan dengan penerapannya dalam mengelola sumber daya manusia serta kaitannya dengan strategi organisasi atau perusahaan.


Sedangkan manajemen personalia atau kepegawaian lebih menekankan pada manajemen sistim atau prosedur personalia, administrasi personalia/kepegawaian, lebih menekankan pada implementasi sistim dan prosedur personalia dalam organisasi. Menurut Manulang (2001:156), manajemen personalia adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara memberikan suatu fasilitas untuk perkembangan, pekerjaan, dan juga rasa partisipasi pekerjaan di dalam suatu kegiatan atau aktivitas.

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)