MANAJEMEN : MACAM - MACAM TIPE KEPEMIMPINAN




Setiap pemimpin memiliki sifat dan caranya sendiri dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pimpinan. WJ. Reddin dalam artiklnya What Kind of Manager, yang disunting oleh Wahjosoemijo, menentukan watak dan tipe pemimpin atas 3 pola dasar sebagai berikut :

1.   Berorientasi pada tugas (Task Orientation)
2.   Berorientasi pada hubungan (Relationship Orientation)
3.   Berorientasi pada hasil yang efektif (Effectivess Orientation)

Berdasarkan tiga pola yang telah disebutkan diatas, maka dapat di identifikasi dan ditentukan ringkasan 8 tipe kepemimpinan sebagai berikut ini :

1.   Tipe Pembelok (Deserter)
Sifat pemimpin ini memiliki moral yang rendah, tidak memiliki keterlibatan, tanpa pengabdian, tanpa loyalitas dan ketaatan serta sukar ditebak.

2.   Tipe Birokrat
Memiliki sifat yang suka mengoreksi, kaku, penuh peraturan dan norma – norma, ia adalah manusia organisasi yang tepat, cermat, disiplin dan keras.

3.   Tipe Misionaris
Sifat pemimpin ini terbuka, penolong, lembut dan ramah – tamah. Tegas namun tidak keras. Tipe pemimpin ini umumnya mudah di cintai bawahannya secara tulus.

4.   Tipe Developer
Sifat kreatif, dinamis, inovatif, memberikan atau melimpahkan wewenang dengan baik, suka menaruh kepercayaan pada bawahan.

5.   Tipe Otokrat
Bersifat keras, mau menang sendiri, keras kepala, sombong, bandel.

6.   Otokrator Yang Bijak (Benevolent Autocrat)
Memiliki sifat lancar, tertib, ahli dalam mengorganisir, serta rasa keterlibatan diri yang besar.

7.   Kompromis (Compromiser)
Sifatnya tidak tetap atau mudah dipengaruhi, selalu mengikuti angin bertiup tanpa pendirian, tidak memiliki keputusan, berpandangan pendek dan sempit.

8.   Tipe Eksekutif
Sifatnya yaitu bermutu tinggi, dapat memberikan motivasi yang baik, berpandangan jauh ke depan dan tekun.

Ordway Teed dan G.R. Terry Ordway Teed dalam tulisannya mengemukakan terdapat sepuluh sifat pemimpin yaitu sebagai berikut :

1.   Energi Jasmaniah dan Mental
Hampir setiap pribadi seorang pemimpin memiliki tenaga jasmaniah dan rohani yang biasa yaitu memiliki daya tahan, keuletan atau tenaga yang istimewa yang tampaknya seperti tidak ada habisnya.

2.   Keadaan akan arah dan tujuan
Memiliki keyakinan yang kuat akan kekuasaan dan kegunaan dari semua perilaku yang dikerjakannya, dan mengetahui secara persis kemana arah yang akan dituju dan pasti memberikan manfaat.

3.   Antusiasme
Setiap pekerjaan yang dilakukan dan tujuan yang akan dicapai itu haruslah sehat, dalam arti memberikan sebuah harapan dan nilai yang menyenangkan.

4.   Keramahan dan kecintaan
Sifat keramah – tamahan itu dapat mempengaruhi orang lain juga membuka setiap hari yang masih tertutup untuk menanggapi keramahan tersebut. Keramahan ini juga dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya untuk dapat lebih mudah menerima ajakan dan pengaruh kepemimpinannya.

5.   Integritas
Seorang pemimpin harus memiliki sifat terbuka, memiliki rasa kebersamaan dengan anak buahnya bahkan merasa senasib dan sepenanggungan dalam satu perjuangan yang sama.

6.   Penguasaan teknis
Tentunya setiap pemimpin wajib memiliki satu atau beberapa keahlian teknis tertentu agar ia memiliki kewibawaan dan kekuasaan untuk memimpin kelompoknya.

7.   Ketegasan dalam mengambil keputusan
Pemimpin harus cakap dalam membuat suatu keputusan yang tegas, tepat dan cepat sebagai hasil dari kearifan dan pengalamannya.

8.   Kecerdasan
Kecerdasan yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin ialah kemampuan untuk melihat dan memahami dengan baik mengenai sebab dan akibat suatu kejadian.

9.   Keterampilan mengajar
Seorang pemimpin yang baik pastinya memiliki mental yang suka mengajari, ibarat seorang guru yang mampu menuntun, mendidik, mengarahkan, mendorong dan menggerakkan bawahannya untuk melakukan sesuatu.

10.    Kepercayaan
Keberhasilan seorang pemimpin secara umum ialah ketika ia dapat dipercaya dengan baik oleh bawahannya, yaitu kepercayaan bahwa para anggotanya pasti dipimpin dengan baik, akan membawa pengaruh positif dan diarahkan kepada sasaran yang benar.

Semoga resume materi kepemimpinan ini bermanfaat ya. . . :-)

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)