ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PERUSAHAAN DAGANG

Perusahaan Dagang : By Indra Y.P


A.   Pengertian Anggaran Perusahaan Dagang
Menurut Murti Sumarni perusahaan dagang adalah sebuah bisnis perdagangan yang membuat sebuah produksi dan mengelola sumber daya dengan menjadi sebuah bahan untuk membuat sebuah produk yang nantinya akan didistribusikan pada konsumen yang menikmati hasil dari produksi itu.

Molengrafa mengemukakan definisi perusahaan dagang yaitu sebuah keseluruhan perbuatan yang dilakukan dengan cara terus-menerus dan bertindak keluar dan akan memperoleh penghasilan dengan mendagangkan produksi yang dikerjakan dalam sebuah perusahaan dagang.


Secara sederhana perusahaan dagang adalah perusahaan yang aktivitas utamanya merupakan melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dimana barang yang dibeli merupakan barang yang siap untuk jual kembali tanpa perlu diproduksi atau diolah kembali, baik itu berupa bahan mentah maupun barang jadi yang siap dikonsumsi. Dapat disimpulkan bahwa di dalam perusahaan dagang hanya melibatkan fungsi pembelian, pemasaran serta administrasi dan umum.


Dengan demikian anggaran perusahaan dagang merupakan anggaran yang disusun secara terperinci mengenai semua aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan pembelian barang dagang, penjualan barang dagang, dan pendukungnya untuk periode waktu tetentu dimasa yang akan datang.

Maka, hal yang paling menonjol yang perlu di ketahui mengenai anggaran perusahaan dagang ini adalah tidak melibatkan penyusunan anggaran (budgeting) produksi. Contoh beberapa perusahaan dagang yaitu seperti PT. Indomarco Prismatama Tbk (ritel Indomaret), PT. Matahari Putra Prima Tbk (hypermart), PT. Hero Supermarket Tbk (toko Hero), dan lain-lain.


Anggaran induk atau komprehensif dari perusahaan dagang yaitu sekumpulan anggaran terkait kegiatan usaha dagang yang tersusun secara komprehensif dan sistematis. Artinya, dari berbagai anggaran yang terpisah kemudian dikembangkan untuk membentuk anggaran induk.


Anggaran induk ini biasanya disusun dengan orientasi waktu satu tahun (annual budget). Anggaran tahunan atau annual budget perusahaan dagang dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu anggaran operasional (operational budget) dan anggaran keuangan (financial budget).


Secara umum, penyususan anggaran induk perusahaan dagang dimulai dari penyusunan anggaran penjualan barang dagang berdasarkan atas suatu taksiran atau proyeksi penjualan (sales forecast) oleh bagian marketing terhadap barang dagangannya.


Sebab, penjualan merupakan faktor yang krusial bagi perusahaan, karena banyak perusahaan yang memiliki kemampuan atau daya beli yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan menjualnya. Untuk lebih memahami bagaimana cara menyusun anggaran perusahaan dagang, perhatikan resume contoh soal dan jawaban terkait anggaran perusahaan dagang dibawah.






B.  Contoh Soal Penyusunan Anggaran Perusahaan Dagang
Suatu perusahaan dagang bernama PT. Mirai Cheung Perwira secara terpisah memiliki unit usaha sampingan jualan dua jenis minuman kemasan, yaitu My Tea seharga Rp 6.000 per botol dan Teh Kotak seharga Rp 5.000 per kotak. Berikut ini dikumpulkan data – data yang relevan untuk penyusunan anggaran triwulan I tahun 2020 :


1.   Anggaran penjualan (unit) triwulan I tahun 2020 yaitu :
Bulan
My Tea
Teh Kotak
Januari
300
200
Februari
100
400
Maret
400
500


2.   Persediaan untuk masing – masing minuman kemasan :
Persediaan
My Tea
Teh Kotak
01 Januari
100
100
01 Februari
50
200
01 Maret
200
250
31 Maret
150
200


3.  Selama triwulan I, diperkirakan harga beli setiap jenis minuman kemasan tidak berubah, sesuai dengan harga lama yaitu Rp 4.000 per botol untuk produk My Tea dan Rp 2.000 per kotak untuk produk Teh Kotak.


4. Perkiraan beban operasional tetap bulanan yaitu sebesar Rp 1.000.000 dan beban operasional variabel rata – rata Rp 500 per kemasan total (unit) minuman yang terjual. Beban operasional dibayarkan pada bulan yang bersangkutan secara tunai.


5.  Semua penjualan dilakukan tunai, sedangkan kegiatan pembelian dilakukan secara kredit (n/30) dengan pola pembayarannya :
1)  Sebesar 50% dibayar pada bulan pembelian diperiode potongan
2)  Sebesar 30% dibayar pada bulan pembelian di luar periode potongan
3)  20% dibayar pada satu bulan setelah bulan pembelian


6.   Saldo awal kas pada bulan Januari 2020 sebesar Rp 40.000.000



Permintaan dan jawaban (Klik Gambar) :

1.   Anggaran penjualan minuman kemasan secara rinci triwulan I tahun 2020



2. Susun aggaran transaksi pembelian masing - masing minuman kemasan triwulan tahun 2020






3. Anggaran harga pokok penjualan minuman kemasan triwulan I tahun 2020



4.   Anggaran beban operasional triwulan I tahun 2020




5.   Anggaran laporan laba rugi periode triwulan I tahun 2020




6.   Anggaran kas pada triwulan I di tahun 2020










Semoga materi ini bermanfaat . . .  :-)

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)