MANAJEMEN : KONSEP DASAR MANAJEMEN, ORGANISASI




A.  Definisi Organisasi
Tugas seorang manajer tidak akan pernah lepas dari sesuatu yang bernama organisasi. Sebab organisasi itulah wadah bagi para manajer untuk melaksanakan fungsi manajemen. Menurut Max Weber menjelaskan organisasi dapat diartikan suatu kerangka hubungan yang sudah terstruktur yang mana di organisasi tersebut memiliki tanggung jawab serta kewenangan dan pembagian kerja bertujuan dalam mengeksekusi fungsi tertentu. Organisasi memiliki berbagai macam bentuk dimana ada yang berbentuk organisasi bisnis, sosial bahkan organisasi politik.


Oleh William H. Whyte menyebut manusia modern sebagai organization man, sebab ia selalu sibuk dalam mengorganisir sesuatu. Mengorganisir itu sendiri berarti mengatur dan memimpin kerja sama dari bagian – bagian. Sedangkan Sondang P. Siagian menyebut manusia sebagai homo admnistratikus.


William G. Scott merumuskan organisasi sebagai “organisasi formal merupakan sistim kegiatan – kegiatan terkordinasi dari sekelompok orang yang bekerja secara bersama – sama, menuju ke arah tujuan bersama dibawah kewenangan dan kepemimpinan”.


Sondang P. Siagan menyatakan organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, dan tertarik secara formal alam ikatan hirarki dimana selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.




B.  Manfaat Organisasi
Suatu organisasi didirikan tentunya agar memberika manfaat bagi setiap orang yang berada di dalamnya maupun diluarnya. Dengan organisasi, pencapaian tujuan akan lebih efektif karena dilakukan secara bersama - sama. Secara spesifik lagi, berikut ini beberapa manfaat organisasi :

1.   Organisasi melayani masyarakat
Kita dapat melihat banyak organisasi yang membuat kehidupan menjadi lebih baik seperti, Polisi membuat kehidupan lebih aman organisasi pendidikan atau keagamaan dan masyarakat menjadi cerdas. Bahkan membuat kehidupan lebih tentram.

2.   Organisasi sebagai sarana mencapai tujuan lebih efektif
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa dengan mengerjakan sesuatunya bersama maka akan lebih efektif, dalam organisasi itu pasti mengerjakan sesuatu secara bersama – sama.

3.   Organisasi memberi karir
Selain memberi manfaat kepada lingkungan eksternal, juga organisasi pun dapat memberikan kebutuhan akan karir bagi setiap anggotanya. Seseorang yang membutuhkan uang dapat bekerja untuk organisasi dan memperoleh upah atau gaji atau balas jasa..

4.   Organisasi memelihara ilmu pengetahuan
Organisasi seperti misal perguruan tinggi, museum bahkan perusahaan dapat menjaga ilmu pengetahuan yang telah ada. Kemampuan dalam memelihara ilmu pengetahuan tersebut sangatlah penting untuk kehidupan manusia.

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)