MANAJEMEN : KONSEP DASAR MANAJEMEN, ORGANISASI
A. Definisi Organisasi
Tugas seorang manajer tidak akan
pernah lepas dari sesuatu yang bernama organisasi. Sebab organisasi itulah
wadah bagi para manajer untuk melaksanakan fungsi manajemen. Menurut Max Weber
menjelaskan organisasi dapat diartikan suatu kerangka hubungan yang sudah
terstruktur yang mana di organisasi tersebut memiliki tanggung jawab serta
kewenangan dan pembagian kerja bertujuan dalam mengeksekusi fungsi tertentu.
Organisasi memiliki berbagai macam bentuk dimana ada yang berbentuk organisasi
bisnis, sosial bahkan organisasi politik.
Oleh William H. Whyte menyebut
manusia modern sebagai organization man,
sebab ia selalu sibuk dalam mengorganisir sesuatu. Mengorganisir itu sendiri
berarti mengatur dan memimpin kerja sama dari bagian – bagian. Sedangkan
Sondang P. Siagian menyebut manusia sebagai homo
admnistratikus.
William G. Scott merumuskan
organisasi sebagai “organisasi formal merupakan sistim kegiatan – kegiatan terkordinasi
dari sekelompok orang yang bekerja secara bersama – sama, menuju ke arah tujuan
bersama dibawah kewenangan dan kepemimpinan”.
Sondang P. Siagan menyatakan
organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang
bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, dan tertarik secara formal alam
ikatan hirarki dimana selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok
orang yang disebut pimpinan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut
bawahan.
B. Manfaat Organisasi
Suatu organisasi didirikan tentunya
agar memberika manfaat bagi setiap orang yang berada di dalamnya maupun
diluarnya. Dengan organisasi, pencapaian tujuan akan lebih efektif karena
dilakukan secara bersama - sama. Secara spesifik lagi, berikut ini beberapa
manfaat organisasi :
1. Organisasi
melayani masyarakat
Kita dapat melihat banyak
organisasi yang membuat kehidupan menjadi lebih baik seperti, Polisi membuat
kehidupan lebih aman organisasi pendidikan atau keagamaan dan masyarakat
menjadi cerdas. Bahkan membuat kehidupan lebih tentram.
2. Organisasi
sebagai sarana mencapai tujuan lebih efektif
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa
dengan mengerjakan sesuatunya bersama maka akan lebih efektif, dalam organisasi
itu pasti mengerjakan sesuatu secara bersama – sama.
3. Organisasi
memberi karir
Selain memberi manfaat kepada
lingkungan eksternal, juga organisasi pun dapat memberikan kebutuhan akan karir
bagi setiap anggotanya. Seseorang yang membutuhkan uang dapat bekerja untuk
organisasi dan memperoleh upah atau gaji atau balas jasa..
4. Organisasi
memelihara ilmu pengetahuan
Organisasi seperti misal perguruan
tinggi, museum bahkan perusahaan dapat menjaga ilmu pengetahuan yang telah ada.
Kemampuan dalam memelihara ilmu pengetahuan tersebut sangatlah penting untuk
kehidupan manusia.
Semoga bermanfaat ya. . . :-)
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-definisi-dan-peranan.htm
https://kazenime22.blogspot.com/2019/03/karakter-keuangan-credit-scoring-by.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-macam-macam-tipe-kepemimpinan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-lingkup-manajemen-sumber-daya.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-definisi-dan-peranan.htm
https://kazenime22.blogspot.com/2019/03/karakter-keuangan-credit-scoring-by.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-macam-macam-tipe-kepemimpinan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-lingkup-manajemen-sumber-daya.html
Comments
Post a Comment