CERITA : BENARKAH WAJAH MIRIP DENGAN PASANGAN PERTANDA JODOH?



Memiliki wajah yang mirip dengan seseorang tentunya akan menimbulkan rasa penasaran dan keunikan tersendiri, terlebih jika kemiripan itu terjadi antara aku dan kamu. :-D, dengan orang yang dicintai maksudnya. Hehehe.


Lantas mulai bermunculan sebuah statement dimasyarakat bahwa itu merupakan suatu pertanda jodoh. Apakah benar demikian? Does couple that have a similar face mean a match?. Menurut penulis belum tentu.


Contoh logika sederhana saja, seorang anak yang mirip dengan ibu dan bapaknya atau dengan kakak/adiknya, masa iya sih mereka jodoh. Tapi banyak kok pasangan yang mukanya mirip diluar sana. Kenapa bisa seperti itu?.


Penyebab pertama adalah pilihan dari diri kita sendiri. Seperti yang diungkapkan Ty Tashiro, seorang penulis buku The Science Of Happily Ever After, bahwa sebenarnya ada unsur kecenderungan yang membuat seseorang akan lebih memilih pasangan yang memiliki kesamaan dengan dirinya. 


Penemuan ini diperkuat dengan penelitian yang di lakukan oleh University Of Livepool, Inggris, yang meminta peserta penelitian memilih dua foto yang masing – masing satu pria dan satunya lagi wanita, kemudian menilai kepribadian orang yang mereka pilih.


Dan tahukah kamu, hasilnya sebagian besar peserta memilih sepasang foto yang ternyata telah cukup lama menikah dan alasan mereka memilih pasangan dalam foto tersebut karena dinilai memiliki kepribadian yang cenderung mirip. 


Sederhana dan singkatnya, secara umum seseorang yang memiliki kesamaan dengan kita akan menimbulkan perasaan tertarik kita terhadap orang tersebut.


Berawal dari ketertarikan, kemudian menjalin komunikasi yang lama kelamaan menumbuhkan benih – benih cinta dan akhirnya berujung ke pelaminan sehingga muncullah statement bahwa muka yang mirip berarti jodoh.


Kedua, faktor kebahagiaan dan keharmonisan. Menurut beberapa peneliti menyimpulkan bahwa semakin lama pasangan yang hidup bersama dengan bahagia dan setia saling mencintai maka semakin memiliki kecenderungan untuk memiliki kesamaan fisik. Dengan kata lain, kebahagiaan cinta dalam keakrabanlah yang dijaga terus – menerus berperan menciptakan kesamaan fisik tersebut. 


Menurut penelitian lain, kebiasaan untuk menjalani hidup bersama dalam menghadapi keadaan susah, sedih, senang dalam waktu yang tidak singkat perlahan – lahan semakin membangun dan menumbuhkan keakraban diantara pasangan yang saling mencintai yang kemudian menjadi sebab dari kemiripan wajah.


Ketiga, sebab perasaan cinta kita. Pernah dengar sebuah kata – kata yang mengatakan bahwa “seseorang yang mencintai seseorang perlahan juga akan menyukai hal – hal yang menyangkut orang yang dicintai tersebut”. Yups, berdasarkan pengalaman penulis juga itu benar lho. 


Sebab penulis sendiri ketika mencintai seseorang tanpa disadari ikut menyukai dan berusaha meniru beberapa hal yang berhubungan dengan orang yang penulis cintai tersebut (baik dalam arti calon pasangan maupun kakak). 


Seperti misalnya, tempat lahirnya, bahasa yang digunakan, beberapa kebiasaan sehari – harinya, namanya, dan lain – lain yang tentunya itu menjadi sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri. 


Dan tidak hanya sekedar menyukai dan meniru kebiasaan dan hal – hal yang disukai saja, melainkan juga perlahan dalam hati menyukai dan berusaha meniru ekspresi wajahnya, ditambah lagi jika wajahnya selalu terbayang di ingatan kita, lantas apa jadinya ketika itu dilakukan secara terus – menerus dan konsisten?. 


Nah, barangkali perilaku dan perasaan seperti itulah yang kemudian perlahan menyebabkan wajah kita mirip dengan pasangan.


Kesimpulannya berdasarkan penjelasan diatas, maka menurut penulis kemiripan wajah bukanlah suatu pertanda jodoh, melainkan suatu akibat dari sebab kebahagiaan yang di bangun dan di jalani bersama dalam waktu yang tidak singkat atau bisa juga akibat dari diri kita sendiri yang cenderung lebih tertarik terhadap seseorang yang memiliki kemiripan dengan kita, salah satunya terkait kemiripan wajah. 


Tetapi jangan juga kita simpulkan bahwa pasangan (suami atau istri) kita yang sekarang ini bukanlah jodoh kita hanya karena tidak ada kemiripan wajah ya. Wallahu a’lam, hanya Allah SWT atau Tuhan yang tahu secara pasti siapa jodoh kita, karena memang itu merupakan salah satu rahasia-Nya, kita hanya bisa berdoa dan berusaha. Lebih baik, fokuskan saja diri untuk berusaha menjadi yang terbaik bagi pasangan.


Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)