BISNIS DAN INVESTASI : CARA MUDAH ANALISIS TREND KEUANGAN




Analisis trend merupakan analisis model trend umum dalam data time series dan peramalan untuk mengetahui tendensi dari keadaan keuangan suatu perusahaan atau entitas bisnis di masa yang akan datang, baik tendensi akan naik atau turun maupun konstan. Teknik analisis ini pada umumnya digunakan untuk menganalisa laporan keuangan suatu perusahaan dengan time frame minimal 3 periode.


Artinya, dengan menggunakan analisis ini, analis akan mencoba memproyeksikan keadaan tren keuangan suatu perusahaan berdasarkan data historis dalam laporan keuangannya selama minimal 3 periode.


Dalam melakukan analisis tren time series ini, kita dapat melakukannya dengan menggunakan 2 cara, yaitu menggunakan metode statistik dimana akan menghitung garis tren dari laporan keuangan beberapa periode atau menggunakan metode angka indeks. Dalam tulisan kali ini tentunya akan membahas terkait analisis tren dengan menggunakan angka indeks yang tentunya lebih mudah. 


Meskipun tergolong lebih mudah, akan tetapi terdapat hal – hal atau langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan analisis tren dengan metode angka indeks ini, yaitu :


1.  Tentukan tahun dasarnya. Angka angka dalam periode tahun dasar inilah yang akan dijadikan sebagai tolak ukur terhadap pergerakan angka – angka dalam periode lainnya untuk melihat apakah terjadi tren penurunan atau kenaikan. Tahun dasar ini dapat ditentukan berdasarkan tahun pendirian perusahaan, tahun perubahan, reorganisasi atau tahun – tahun lainnya yang dianggap penting dan tepat. Pos – pos dalam laporan keuangan di tahun dasar akan tercatat sebagai indeks 100.

2.   Memprediksi angka indeks tahun – tahun lainnya atau periode lainnya dengan menggunakan ringkasan angka pos laporan keuangan di tahun dasar sebagai penyebut.

3. Melakukan prediksi tendensi yang mungkin akan terjadi berdasarkan arah dari tendensi historis pos - pos dalam laporan keuangan yang dianalisis.

4.  Setelah mengetahui arah tendensi, maka perlu dilakukan pengambilan keputusan terkait hal – hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi arah tendesi tersebut yang tentunya akan berpengaruh pada kinerja perusahaan ke depannya.


Dalam melakukan analisis tren ini, umumnya semakin panjang periode dan banyak kuantitas data yang digunakan maka memiliki peluang hasil yang semakin akurat. Meskipun ini terlihat mudah untuk dipraktikkan, namun dibaliknya perlu dibuat suatu hipotesis yang logis dan tepat sebagai alasan sekaligus yang benar – benar menggambarkan situasi dan kondisi yang tepat.


Misalnya ketika menentukan angka tahun dasar pada kondisi dimana tahun tersebut merupakan puncaknya prestasi perusahaan, tentunya ini tidak tepat karena akan berakibat pada hasil analisa tren yang cenderung terus menurun dan sangat sulit untuk mengalami tren kenaikan.

Dan sebagai pesan dari penulis pribadi, gunakanlah kemampuan analisis anda untuk bisnis atau pekerjaan atau investasi yang benar - benar halal, bukan haram apalagi haram yang dibungkus dengan label halal. Semoga bermanfaat ya...  :-) 

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)