CERITA : PERHATIKAN BEBERAPA HAL INI DALAM BERKENDARA



Di zaman modern ini, secara umum kendaraan bermotor tidak lagi hanya sekedar keinginan melainkan menjadi suatu kebutuhan, bahkan bagi sebagian orang, kendaraan telah menjadi salah satu kebutuhan utama untuk menopang keberhasilan dari setiap kegiatan atau aktivitasnya. Seperti halnya seorang manajer yang membutuhkan mobil untuk mendukung segala aktvitas manajemennya, seperti bertemu rekan bisnis atau klien kelas atas, meeting, dan lain – lain.


Namun hal yang lebih dan paling penting lagi ialah terkait keselamatan dan nyawa. Untuk itu, tidak pengendara tidak boleh seenaknya melakukan segala sesuatu yang tidak perlu, tidak benar dan kurang tepat selama berkendara. Untuk itulah dibuat suatu aturan lalu lintas sebagai wujud usaha bersama untuk menjaga keselamatan diri sendiri, keluarga, sahabat/teman maupun orang lain. Beberapa diantaranya pada umumnya seperti menggunakan helm, penggunaan kaca spion serta larangan mencabutnya, larangan penggunaan knalpot racing atau bising dan lain - lain.


Terlepas dari aturan – aturan dalam berlalu lintas yang berlaku, penulis ingin memaparkan beberapa hal yang menurut penulis dapat membahayakan keselamatan bersama yang sering ditemui dalam praktik lapangannya, selain melepas kaca spion dan tidak pakai helm. Tentunya apabila ini tidak dilakukan, kita dapat lebih menjaga keselamatan bersama selama diperjalanan. Berikut ini beberapa yang dimaksud penulis :

1. Berhenti atau Parkir Di Samping Lorong
Jangan sembarangan parkir atau menepi di dekat lorong, sebab dapat menghalangi penghilahata pengendara lain. Sebab banyak kejadian pengendara hampir menabrak bahkan hingga menabrak kendaraan lain akibat area pandang tertutup oleh mobil lain dan secara tiba – tiba muncul kendaraan lain dari lorong tersebut.


2. Terlalu Harapkan Pengertian Pengendara Lain
Memang benar dalam berkendara dijalan tidak cukup hanya mengandalkan pengertian diri, melainkan juga harus ada pengertian dari pengendara lain. Akan tetapi, jangan terlalu berharap terhadap pengendara lain dengan sebisa mungkin kita mengantisipasi dengan peralatan yang ada, sebab tidak selamanya pengendara lain mau mengerti orang lain atau mengantisipasi human error atau pengendara ugal - ugalan. 

Misalnya ketika kita ingin belok ke kanan, banyak orang hanya mengandalkan lampu sein lalu kemudian belok tanpa melihat kaca spion yang pada akhirnya dalam beberapa kasus menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Artinya, meskipun telah menyalakan lampu sein, alangkah lebih baiknya jika kita pastikan terlebih dahulu apakah kita dapat siap belok dengan aman atau tidak melalui spion dan melihat ke arah tujuan (dalam hal ini melihat ke kanan untuk memastikan ada kendaraan lain atau tidak) sebelum memutuskan untuk belok ke arah yang dituju.


3.   Mendahului Kendaraan Lain Saat di Tikungan
Umumnya ini paling banyak dilakukan oleh pengendara motor. Guys, jangan menyamakan antara berkendara dijalan umum dengan lomba balap motor yang sering mendahului kendaraan lain saat ditikungan untuk memenangkan perlombaan. 

Sebab, ketika ditikungan kita akan kehilangan sebagian area pandang terkait apakah ada kendaraan (khususnya mobil) lain dari arah berlawanan atau tidak, hal ini dapat menimbulkan risiko terjadinya kecelakaan jika secara tiba – tiba ternyata terdapat kendaraan lain dari arah berlawanan ketika sedang mendahului kendaraan lain di area tikungan.


4.   Belok atau Menepi Tiba – Tiba
Sangat jelas bahwa tindakan ini tentunya dapat memicu terjadinya tabrakan atau terjatuhnya pengendara lain akibat efek kaget. Berikan interval waktu disaat menyalakan lampu sein sebagai tanda ingin belok dengan saat kita benar – benar ingin mengeksekusi tindakan (belok), yaitu dengan cara memberi tanda lampu sein beberapa meter sebelum belok sambil rem kendaraan secara perlahan sebelum akhirnya belok ke arah yang ingin di tuju. 


Apabila tidak sempat memberikan interval waktu yang dimaksud, maka lebih baik tunda untuk melakukan belok ke arah yang tuju dan tetap melaju ke arah depan sambil mencari tempat untuk menepi dan berputar arah.


5.   Lampu Sein Ke sana Beloknya Ke sini
Khusus kesalahan yang satu ini umumnya dilakukan oleh wanita. Maka, hati – hatilah ketika berkendara dibelakang pengendara wanita. Hehehe. Entah kenapa bisa demikian. Mungkin ini salah satu hikmahnya mengapa Arab Saudi melarang wanita untuk berkendara, walaupun kini aturan tersebut menjadi salah satu poin yang dirubah oleh putra mahkota Muhammad Bin Salman Al-Saud.

          Semoga bermanfaat ya... :-)
          https://kazenime22.blogspot.com/2020/02/cerita-beneran-introvert-kenali-ciri.html
          https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/cerita-tuk-cinta-tak-mudah-mendua_30.html
          https://kazenime22.blogspot.com/2020/02/cerita-rasanya-kala-tulus-hati-berbalas.html 
          https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/cerita-bahaya-lebih-dan-kurang-tidur.html
          https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/cerita-kesabaran-tuk-berubah-dari.html
          http://kazenime22.blogspot.com/2019/09/cerita-beberapa-sifat-yang-tanpa-di.html 
          http://kazenime22.blogspot.com/2019/09/cerita-cara-untuk-bertahan-di-pekerjaan.html
          https://kazenime22.blogspot.com/2019/03/inspirasi-bisnis-dan-umum-belajar-dari.html 
          http://kazenime22.blogspot.com/2019/04/cerita-cinta-tak-harus-berujung-memiliki.html
          http://kazenime22.blogspot.com/2019/04/inspirasi-umum-dan-bisnis-kepahitan.html 
          https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-biaya-contoh-metode-harga.html

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)