LOGISTIK : JENIS - JENIS KARAKTER PERMINTAAN (DEMAND)
Menurut pengertian sehari - hari, permintaan dapat diartikan secara absolut yaitu jumlah barang yang dibutuhkan. Jalan pikiran ini didasarkan atas pemikiran manusia memiliki kebutuhan. Atas kebutuhan inilah individu tersebut memiliki permintaan akan barang, semakin banyak penduduk suatu negara maka makin besar permintaan masyarakat akan jenis barang (Sudarsono, 1992 dalam pramana, 2010:27).
Permintaan merupakan syarat paling penting yang
harus dimiliki setiap produk dari sebuah bisnis yang dijalani agar dapat
memperoleh keuntungan. Sebagus dan sebanyak apapun produknya, tanpa adanya
permintaan maka produk tersebut tidak dapat terjual. Maka perusahaan perlu
menyesuaikan dengan potensi permintaan yang ada.
Untuk itu, sangat penting bagi perusahaan khususnya
para manajer untuk memahami tentang permintaan akan produk yang dijual
perusahaan tempat ia bekerja, terkait penyebab dari terjadinya permintaan
tersebut, apakah permintaan tersebut menurun, stabil maupun naik. Oleh sebab
itu, perlu dipahami terlebih dahulu terkait karakter permintaan (demand) terkait suatu produk secara umum,
yaitu :
1. Tren atau kecenderungan arah permintaan
suatu produk, apakah menurun, stabil atau mengalami peningkatan. Kenaikan atau
penurunan akan permintaan ini dapat disebabkan oleh kepuasan dan ketertarikan
konsumen pada produk perusahaan yang telah dijual, kondisi alam, dan lain –
lain.
2. Seasional, yaitu sejumlah permintaan
yang terjadi pada periode tertentu akibat meningkat serta timbulnya kebutuhan
dari masyarakat pada umumnya terkait produk tersebut. Periode tertentu yang
dimaksud disini bisa dalam waktu bulanan, mingguan, bahkan harian. Misalnya
penjualan tiket bioskop umumnya akan mengalami peningkatan pada akhir pekan atau
weekend, atau permintaan akan obat
flu yang umumnya akan meningkat ketika pergantian musim dimana orang umumnya
mudah terserang flu.
3. Random, yaitu sejumlah permintaan yang
dapat berubah – ubah secara mendadak dalam jumlah yang besar tanpa adanya pola
dari kebutuhan konsumen atau customer.
Seperti misalnya, penjualan obat – obatan akan mengalami peningkatan drastis
ketika terjadi bencana alam, akan tetapi permintaan ini tidak dapat diprediksi
dan umumnya tidak terjadi lagi dalam jangka waktu yang lama.
4. Cyclical, yaitu jenis karakter
permintaan yang terjadi setiap jangka waktu yang panjang. Seperti misalnya
pemilihan umum yang diselenggarankan lima tahun sekali dapat mengakibatkan
permintaan akan produksi spanduk untuk kampanye meningkat, bahkan termasuk di
dalamnya terkait penjualan ritel yang umumnya juga di untungkan dari momen tersebut.
Semoga bermanfaat ya... :-)
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/logistik-dan-manajemen-peramalan-metode.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/logistik-manajemen-pergudangan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-biaya-contoh-metode-harga.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/10/analisis-dan-perspektif-perkembangan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/logistik-komponen-biaya-persediaan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/08/akuntansi-biaya-metode-harga-pokok.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/logistik-memahami-pengelolaan-safety.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-biaya-contoh-metode-harga.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/akuntansi-biaya-barang-cacat-spoilage.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/logistik-mengenal-karakter-permintaan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/audit-tujuan-akuntansi-prinsip_30.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/bisnis-dan-investasi-10-pengguna.html
http://kazenime22.blogspot.com/2019/03/manajemen-portofolio-reksadana.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-keuangan-pencatatan-return.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/bisnis-dan-investasi-kebijakan-dividend.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/akuntansi-biaya-memahami-penjurnalan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/logistik-dan-manajemen-metode-peramalan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-lingkup-manajemen-sumber daya.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/logistik-dan-manajemen-peramalan-metode.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/logistik-manajemen-pergudangan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-biaya-contoh-metode-harga.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/10/analisis-dan-perspektif-perkembangan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/logistik-komponen-biaya-persediaan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/08/akuntansi-biaya-metode-harga-pokok.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/logistik-memahami-pengelolaan-safety.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-biaya-contoh-metode-harga.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/akuntansi-biaya-barang-cacat-spoilage.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/logistik-mengenal-karakter-permintaan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/audit-tujuan-akuntansi-prinsip_30.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/bisnis-dan-investasi-10-pengguna.html
http://kazenime22.blogspot.com/2019/03/manajemen-portofolio-reksadana.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-keuangan-pencatatan-return.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/bisnis-dan-investasi-kebijakan-dividend.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/akuntansi-biaya-memahami-penjurnalan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/logistik-dan-manajemen-metode-peramalan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-lingkup-manajemen-sumber daya.html
Comments
Post a Comment