LOGISTIK : JENIS - JENIS KARAKTER PERMINTAAN (DEMAND)


Menurut pengertian sehari - hari, permintaan dapat diartikan secara absolut yaitu jumlah barang yang dibutuhkan. Jalan pikiran ini didasarkan atas pemikiran manusia memiliki kebutuhan. Atas kebutuhan inilah individu tersebut memiliki permintaan akan barang, semakin banyak penduduk suatu negara maka makin besar permintaan masyarakat akan jenis barang (Sudarsono, 1992 dalam pramana, 2010:27).


Permintaan merupakan syarat paling penting yang harus dimiliki setiap produk dari sebuah bisnis yang dijalani agar dapat memperoleh keuntungan. Sebagus dan sebanyak apapun produknya, tanpa adanya permintaan maka produk tersebut tidak dapat terjual. Maka perusahaan perlu menyesuaikan dengan potensi permintaan yang ada.


Untuk itu, sangat penting bagi perusahaan khususnya para manajer untuk memahami tentang permintaan akan produk yang dijual perusahaan tempat ia bekerja, terkait penyebab dari terjadinya permintaan tersebut, apakah permintaan tersebut menurun, stabil maupun naik. Oleh sebab itu, perlu dipahami terlebih dahulu terkait karakter permintaan (demand) terkait suatu produk secara umum, yaitu :

1. Tren atau kecenderungan arah permintaan suatu produk, apakah menurun, stabil atau mengalami peningkatan. Kenaikan atau penurunan akan permintaan ini dapat disebabkan oleh kepuasan dan ketertarikan konsumen pada produk perusahaan yang telah dijual, kondisi alam, dan lain – lain.

2.  Seasional, yaitu sejumlah permintaan yang terjadi pada periode tertentu akibat meningkat serta timbulnya kebutuhan dari masyarakat pada umumnya terkait produk tersebut. Periode tertentu yang dimaksud disini bisa dalam waktu bulanan, mingguan, bahkan harian. Misalnya penjualan tiket bioskop umumnya akan mengalami peningkatan pada akhir pekan atau weekend, atau permintaan akan obat flu yang umumnya akan meningkat ketika pergantian musim dimana orang umumnya mudah terserang flu.

3.  Random, yaitu sejumlah permintaan yang dapat berubah – ubah secara mendadak dalam jumlah yang besar tanpa adanya pola dari kebutuhan konsumen atau customer. Seperti misalnya, penjualan obat – obatan akan mengalami peningkatan drastis ketika terjadi bencana alam, akan tetapi permintaan ini tidak dapat diprediksi dan umumnya tidak terjadi lagi dalam jangka waktu yang lama.

4. Cyclical, yaitu jenis karakter permintaan yang terjadi setiap jangka waktu yang panjang. Seperti misalnya pemilihan umum yang diselenggarankan lima tahun sekali dapat mengakibatkan permintaan akan produksi spanduk untuk kampanye meningkat, bahkan termasuk di dalamnya terkait penjualan ritel yang umumnya juga di untungkan dari momen tersebut.

Semoga bermanfaat ya... :-) 
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/logistik-dan-manajemen-peramalan-metode.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/logistik-manajemen-pergudangan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-biaya-contoh-metode-harga.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/10/analisis-dan-perspektif-perkembangan.html 
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/logistik-komponen-biaya-persediaan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/08/akuntansi-biaya-metode-harga-pokok.html 
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/logistik-memahami-pengelolaan-safety.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-biaya-contoh-metode-harga.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/akuntansi-biaya-barang-cacat-spoilage.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/logistik-mengenal-karakter-permintaan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/audit-tujuan-akuntansi-prinsip_30.html 
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/bisnis-dan-investasi-10-pengguna.html
http://kazenime22.blogspot.com/2019/03/manajemen-portofolio-reksadana.html 
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/akuntansi-keuangan-pencatatan-return.html 
https://kazenime22.blogspot.com/2019/11/bisnis-dan-investasi-kebijakan-dividend.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/akuntansi-biaya-memahami-penjurnalan.html 
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/logistik-dan-manajemen-metode-peramalan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/manajemen-lingkup-manajemen-sumber daya.html  

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)