AUDITING : PENDAPAT TIDAK WAJAR AKUNTAN PUBLIK (ADVERSE OPINION)




Setelah sebelumnya penulis mengulas dua jenis pendapat akuntan publik atau auditor eksternal yang cenderung positif, maka kali ini pendapat yang akan dijelaskan ialah terkait pendapat akuntan yang tidak memuaskan, salah satunya yaitu pendapat tidak wajar (adverse opinion) terhadap laporan keuangan perusahaan yang diaudit. Pendapat ini mengindikasikan penyajian laporan keuangan yang tidak wajar oleh perusahaan.


Secara umum, pendapat tidak wajar ini diberikan oleh seorang auditor atau akuntan publik jika laporan keuangan secara umum menggambarkan posisi yang tidak wajar karena banyaknya taksiran atau jumlah yang menjadi masalah, maupun karena penerapan prinsip akuntansi lainnya yang tidak tepat atau penerapannya yang tidak konsisten.


Secara singkat, pendapat ini diberikan  dalam sebuah situasi dimana terkait laporan keuangan yang diperiksa bertentangan dengan berbagai syarat kewajaran suatu laporan keuangan berdasarkan standar dan aturan yang berlaku.


Perlu ditekankan disini bahwa yang dimaksud dengan laporan keuangan yang dianggap wajar yaitu laporan keuangan yang disusun berdasarkan logika kewajaran - kewajaran yang terdapat dalam aturan akuntansi dimana di dalamnya terdapat teori – teori yang bersifat subjektif dari para ahli ekonom atau mungkin filsuf dan sebagainya yang kemudian dibenarkan, yang berlaku disuatu wilayah, dalam hal ini di Indonesia ialah Standar Akuntansi Keuangan (SAK), dan bukan berdasarkan logika umum yang bersifat objektif.


Misalnya terkait pendapatan terdapat suatu basis yang disebut accrual basis dimana pendapatan dan biaya diakui saat terjadinya transaksi meski belum melibatkan uang kas atau uang tunai dalam arti meskipun statusnya utang-piutang, sedangkan secara objektif yang namanya pendapatan haruslah melibatkan uang kas. Tidak mungkin seseorang dikatakan kaya raya karena memiliki pendapatan 1 milyar tanpa melibatkan uang tunai atau kas atau aset lainnya sebagai bentuk pembayarannya.

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)