CERITA : BENERAN INTROVERT? KENALI CIRI-CIRI MUTLAKNYA



Sangat jarang ditemui dan bukan penghuni mayoritas di muka bumi serta sering terlihat sendiri juga diam di tempat umum dan terkesan seolah cuek atau sombong tak mau bergaul, itu semua merupakan sesuatu yang identik dalam penilaian publik terhadap introvert sekaligus beberapa alasan mengapa introvert itu dianggap manusia yang aneh.


(Umumnya seorang introvert mudah dipercaya orang dan tidak pandai dalam berbohong serta tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang buruk, namun berpotensi menjadi pembohong yang sangat ahli jika ia sudah terpengaruh oleh lingkungan yang buruk).


Sekaligus itu sebagai bukti bahwa memang mayoritas manusia merupakan ekstrovert, andaikan introvert merupakan penghuni mayoritas maka seharusnya yang dianggap aneh oleh publik ialah perilaku seorang ekstrovert yang cenderung banyak bicara dan bergaul dengan siapa saja, dan sebagainya. Artinya, sesuatu dikatakan aneh karena sesuatu tersebut ‘jarang’ atau bahkan ‘sangat jarang’ dan berbeda dari yang dianggapnya umum.


Umumnya, orang – orang yang lebih mudah dekat dengan seorang introvert ialah seorang ambievert, yaitu orang – orang yang memiliki gabungan kepribadian antara introvert yang cenderung sendiri atau sempit pergaulannya dengan kepribadian ekstrovert yang cenderung luas pergaulannya.


Sederhananya karena orang – orang ambievert ini dapat menyesuaikan diri serta ‘nyaman  - nyaman aja’ ketika bersama dengan introvert maupun ekstrovert, sebab ia memiliki kepribadian dari keduanya.


Namun terkadang ambievert ini terkadang terkesan seolah - olah seperti orang munafik karena kepribadiaannya yang berubah – ubah, terkadang pendiam seperti introvert dan terkadang ekstra aktif seperti ekstrovert.


Entah karena alasan apa, atau mungkin sifat orang pada umumnya yang terlalu mudah menyimpulkan sesuatu, terkadang beberapa orang suka mengaku dirinya sebagai seorang introvert karena memiliki beberapa ciri umum introvert seperti suka membaca buku atau tidak terlalu suka bergaul dengan orang yang tidak dikenal.


Ciri – ciri umum tersebut sebenarnya dapat dimiliki siapa saja karena dapat dibentuk sehingga tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk mengidentifikasi seorang introvert. Artinya jika kamu memiliki beberapa ciri yang juga dimiliki seorang introvert, maka belum tentu kamu itu seorang introvert, bisa jadi itu terbentuk akibat kebiasaan yang telah lama dilakukan atau didikan orang tua. Untuk dapat mengetahui secara pasti apakah seseorang introvert atau bukan, maka berikut ini beberapa ciri – ciri mutlak seorang introvert :

1. Energinya akan lebih cepat terkuras ketika berada di keramaian atau berada di tengah – tengah sekelompok orang yang tidak terlalu dikenal atau tidak dekat dengannya. Terlebih jika situasinya sangat ribut.


2. Lebih aktif dan lancar dalam tulisan daripada percakapan mulut atau lisan. Namun bukan berarti mereka tidak bisa berbicara, hanya saja mereka hanya dapat berbicara lebih lancar hanya kepada orang – orang sudah dikenal lama dan dianggapnya nyaman saja.

    Sedangkan kepada orang – orang yang tidak terlalu dikenalnya, umumnya mereka hanya lancar berbicara hanya jika pembicaraannya jelas dan terarah, seperti misalnya ketika ingin presentasi atau diskusi tentang akuntansi persediaan, maka si introvert ini akan lancar berbicara namun seputar akuntansi persediaan saja, selebihnya bingung mau ngomong apa.


3.  Lebih kreatif atau dapat berpikir ketika sendiri atau hanya bersama dengan orang – orang yang benar – benar dekat dengannya atau setidaknya yang sudah dianggap biasa dengannya saja.

    Mungkin pernah melihat salah satu teman atau orang disekitarmu yang apabila sedang diskusi (apalagi jika diskusinya ribut kayak pasar dan tidak teratur) teman atau orang tersebut terlihat kurang berkontribusi atau pasif atau tidak terlalu aktif, akan tetapi ketika ada tugas individu, hasilnya si teman atau orang tersebut terlihat baik atau bagus atau bahkan lebih bagus dibandingkan dengan yang lain? Nah, itu dia introvert.


4.  Jika umumnya orang suka diperhatikan, maka introvert akan berasa kurang nyaman ketika tiba – tiba ada orang asing atau yang tidak dikenal atau tidak terlalu dekat dengannya yang memperhatikan (melihat ke arah) dirinya hingga akan membuatnya salah tingkah.

     Kurang nyaman disini bukan berarti tidak suka ya, hanya saja terasa aneh dan agak malu serta dapat menyebabkan si introvert kurang mampu berpikir dalam mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.


5. Sangat detail dalam mempelajari atau ketika ingin tahu tentang sesuatu dan menjelaskan/mengajarkannya Contoh misalnya ketika diberi tugas meringkas, seorang introvert umumnya akan menanyakan detail seperti di buat dalam bentuk ketikan atau tulisan, sumbernya boleh dari mana aja, pakai pensil atau pulpen atau keduanya, dan sebagainya.

Atau seperti misalnya ketika teman atau orang yang dicintainya baru pulang dari suatu tempat, ia akan bertanya ‘darimana? Tempatnya dimana? dekat mana? sama siapa? kok bisa gitu? Kenapa harus lewat situ dan tidak lewat sini saja? Dst’.

Ini juga bisa menjadi suatu pertanda bahwa seorang introvert telah merasa nyaman dengan orang tersebut, nyaman disini bisa dalam arti pertemanan, persahabatan atau bahkan karena mencintai.

Jika secara tiba – tiba ia tidak aktif banyak bertanya lagi seperti itu, bisa jadi karena mungkin ia telalu sering diabaikan yang kemudian mulai hilang perlahan rasa nyamannya sehingga ia memutuskan untuk berhenti aktif banyak bertanya lagi dan cenderung pasif, bahkan bisa jadi berhenti berkomunikasi.

Itulah beberapa ciri mutlak introvert yang penulis ketahui untuk saat ini, yang penulis ingat. Semoga bermanfaat ya... :-)
https://kazenime22.blogspot.com/2020/02/cerita-rasanya-kala-tulus-hati-berbalas.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/cerita-tuk-cinta-tak-mudah-mendua_30.html

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)