PELUANG USAHA : POTENSI USAHA DI BALIK INDAHNYA BUNGA

Bunga : By Satri W.I


A.  Bisnis Dari Indahnya Bunga
Begitu banyak pilihan bisnis yang dapat kita tekuni dan operasikan untuk meraih cuan, khususnya yang sesuai dengan keinginan atau passion kita. Bisnis bunga dapat menjadi salah satu pilihan bagus karena hanya membutuhkan modal kecil. Terlebih, potensi keuntungan yang bisa didapatkan mampu menghijaukan mata, khususnya pada momentum tertentu dimana permintaan sangat tinggi. Bunga adalah kebutuhan sekunder, tetapi permintaannya cukup tinggi.


B.  Pemanfaatan Bunga Oleh Manusia
Bunga memiliki beberapa manfaat dalam hidup kita, terlebih di era yang semakin kekinian seperti sekarang. Permintaan bunga dapat datang dari seseorang yang ingin menyatakan cinta dan melamar kekasihnya, dekorasi perkantoran, khususnya dekorasi hotel dan restoran, kedai hingga dekorasi rumah perorangan. Beberapa momentum yang biasanya merupakan momen dimana permintaan sedang tinggi ialah ketika momentum seremonial seperti pernikahan, wisudawan, hari ibu, dan valentine yang tentunya dapat membuat harga bunga menjadi lebih tinggi.


C.  Memulai Bisnis Bunga
Tentunya hal yang harus kita lakukan sebelum memulai bisnis bunga ini adalah melakukan riset potensi permintaan dan memantau kompetitor. Selain itu, kita juga harus menjadi tempat untuk memasok kebutuhan bunga agar dapat harga yang lebih murah. Atau lebih efisiennya lagi jika kita memiliki tempat dan pengetahuan sendiri untuk membudidayakan bunga. 


Harga bunga per tangkainya berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 7.500 per tangkai, tetapi harga jualnya bisa Rp 25.000 sampai Rp 2.500.000 sesuai dengan jumlah dan tingkat kerumitan hiasa bunga. Dengan kata lain, kreativitas dan imajinasi kita sangat menentukan harga jualnya. Lalu biaya operasional lainnya seperti kertas, pita, tali warna yang membutuhkan dana Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000.


Dengan asumsi biaya pembelian bunga Rp 3.250.000 dan perlengkapan Rp 1.300.000 serta biaya lain – lain Rp 350.000, kemudian kita mampu menjual 30 tangkai mawar, 20 buket mawar, dan 10 buket campur dalam sebulan, maka omzet kita bisa mencapai Rp 13.750.000 per bulan. Net Income  yang dapat diperoleh sekitar Rp 8.850.000 per bulan (setelah dikurangi biaya lain – lain seperti pajak, listrik, gaji karyawan jika ada dan biaya – biaya lainnya).


D.  Strategi Dan Resiko Bisnis Bunga
Dalam setiap jenis bisnis memiliki peluang juga memiliki resikonya masing – masing. Termasuk dalam berbisnis bunga memiliki beberapa resiko dapat terjadi, maka sebagai pebisnis yang ingin terjun ke bisnis bunga ini harus mengetahuinya dan menyiapkaan langkah – langkah untuk menghadapinya. Berikut beberapa resiko beserta tipsnya :


1. Kualitas bunga Yang Cepat Layu, ini tentunya akan sangat merugikan kita bahkan merusak brand bisnis kita. Solusinya adalah membuat skema pre-order.


2.   Mengingat bunga bukanlah barang kebutuhan pokok dan bukan barang habis pakai, maka resikonya adalah tidak ada momentum. Untuk mengatasinya ini, kita bisa mengoptimalisasi media sosial untuk melakukan promosi dan menggaet pelanggan. Selain itu, bisa juga memanfaatkan marketplace  untuk penyebaran produk. Selain itu, kreativitas kita  pun dituntut untuk membuat inovasi produk sehingga pelanggan tidak bosan serta aktif dalam membuat promo yang menarik.


3.  Resiko persaingan usaha atau kompetitor. Tentu akan sangat menguntungkan jika tidak ada kompetitor, tetapi jika terdapat kompetitor maka solusi yang harus kita pikirkan agar “pelanggan tidak minggat ke toko sebelah” adalah peningkatan kualitas pelayanan, promo atau penetapan harga yang kompetitif dengan melakukan efisiensi serta inovasi produk yang membedakan dengan kompetitor. Selain itu, jika memiliki dana yang cukup kita memanfaatkan jasa atau kerja sama dengan influencer maupun selegram agar produk bunganya makin tenar.


4. Resiko kepercayaan. Khusus yang terkahir ini, maka yang bisa kita lakukan adalah melakukan pelayanan sebaik mungkin dan meminta testimoni dari pelanggan yang puas demi mendapatkan kepercayaan customer.

Semoga bermanfaat ya. . . :-)

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)