ISLAM DAN HIJRAH : PENYEBAB SESEORANG MENJADI MENYIMPANG DAN RADIKAL

 

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya bagi kita untuk memahami dan mengamalkan setiap apa yang diajarkan Allah SWT dan Rasul-Nya terhadap kita. Segala sesuatu yang diajarkan Allah SWT dan Rasul-Nya pasti merupakan sesuatu yang baik dan benar, hanya kita saja yang belum memahaminya.

 

Tentunya untuk mampu memahami dan mengamalkan segala ajaran-Nya bukanlah sesuatu yang dapat dicapai dalam waktu yang cepat. Oleh sebab itu, dibutuhkan kesabaran dan konsistensi sehingga tidak mudah menyerah dan berhenti ditengah jalan. Di sinilah pentingnya istiqomah dalam menjalankan prosesnya.

 

Perlu diingat juga bahwa setiap kita ingin mempelajari suatu kebaikan, hampir selalu akan ada halangan dan ujian yang berusaha menggagalkan niat baik kita. Salah satunya ialah dengan ramainya orang – orang berpenampilan ulama, berjenggot, terlihat seolah pandai menjelaskan ilmu agama menjadi seorang pelaku teroris atau berahklak buruk.

 

Menggunakan segala atribut dan hal – hal yang identik dengan seorang muslim, lalu melakukan sebuah aksi teror dan atau aksi – aksi lainnya yang melanggar ajaran Islam. Secara singkat, disebut sebagai pembunuhan karakter atau perusakan reputasi Islam. Maka tak heran jika Islam terkadang diidentikkan dengan teroris atau aksi radikalisme.

 

Selain pandangan buruk yang berasal dari pihak eksternal, ironisnya pandangan buruk ini pun timbul dari pihak internal umat Islam sendiri. Tak jarang orang yang berkata “ah jangan terlalu fanatik atau belebihan. Biasa saja”, tak jarang juga orang yang sedang berusaha lebih taat dan mendalami agama dianggap fanatik atau calon teroris.

 

Memang benar, Allah SWT melarang hamba-Nya untuk melakukan sesuatu yang berlebihan atau fanatik dalam beragama. Namun sayangnya seringkali orang – orang mengeluarkan pernyataan fanatik atau berlebihan itu tidak sesuai dengan maksud Allah SWT dalam Al-Quran terkait sifat fanatik atau berlebihan dalam beragama.

 

Apakah meninggalkan perkara harta yang haram atau memakai pakaian syar’i itu fanatik? Sedangkan itu merupakan salah satu perintah Allah SWT dalam Al-Quran yang wajib dan dianggap wajar serta tidak dianggap fanatik oleh orang – orang beriman terdahulu, termasuk dalam orang – orang beriman terdahulu ialah para Nabi dan Rasul. Allah swt berfirman :

 

“Wahai orang – orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah – langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu”.  (QS. Al-Baqarah 2 : 208)

 

Lantas apa sajakah yang membuat seorang Muslim yang mengaku memperdalam agama tapi kemudian menjadi radikal? Tentunya bukan akibat dari kesalahan ajaran-Nya dalam Al-Quran maupun melalui Nabi dan Rasul-Nya, melainkan kesalahan itu terdapat pada diri orang itu sendiri, menurut penulis secara singkat yaitu :

 

1.   Kebiasaan hanya ikut – ikutan dalam beragama tanpa mau berpikir.

2.   Belajar mendalami ilmu agama tanpa memperbaiki Ahklak

3.   Pemahamannya masih sempit tentang jihad, lalu mempraktikkannya

4.   Sedang dalam keadaan putus asa dan ingin segera mati

5.   Terpengaruh oleh orang dekat atau yang sangat dicintainya yang menyimpang

6.   Terlalu mudah menyimpulkan, meski baru paham sedikit atau hanya gosip

7.   Dari awal tidak benar – benar berniat belajar Agama sehingga mudah berubah

8.   Menganggap ajaran agama yang benar ialah yang selalu menguntungkan secara duniawi atau selalu memberikan kenikmatan dunia.

  

Ketika kita memutuskan untuk berhijrah dan mendalami ajaran Agama, maka pastikan niatkan dengan baik dan benar lalu berdoa, sambil memperbaiki ahklak serta mau berpikir. Semoga mampu menjadi Muslim yang kaffah dan bermanfaat, khususnya untuk orang – orang yang penulis cintai (khususnya lagi untuk kamu yang penulis rindukan Insyaallah calon bidadari surgaku) dan penulis pribadi. Amiin.

https://kazenime22.blogspot.com/2020/10/cerita-hijrah-sedap-namun-haram-multi.html

https://kazenime22.blogspot.com/2020/04/cerita-hijrah-kaya-namun-haram-atau.html

https://kazenime22.blogspot.com/2020/09/cerita-hijrah-sering-terjadi-riya-yang.html 

https://kazenime22.blogspot.com/2020/08/cerita-hijrah-halalkah-menghasilkan.html

https://kazenime22.blogspot.com/2020/10/cerita-hijrah-tanda-hati-cinta-dunia.html

https://kazenime22.blogspot.com/2020/07/cerita-hijrah-setiap-yang-berhijrah.html

https://kazenime22.blogspot.com/2020/09/cerita-hijrah-pre-order-dan-supply.html 

https://kazenime22.blogspot.com/2020/09/cerita-hijrah-beriman-disertai.html

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)