MANAJEMEN : PENGENALAN BIG DATA DALAM DUNIA BISNIS

 

Mungkin kita akan bertanya, apa itu big data atau mahadata dan mengapa itu penting khususnya dalam dunia bisnis? Simak penjelasannya yang penulis susun secara ringkas berikut.


Menurut Arikunto (2002) data merupakan segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi, sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data yang dipakai untuk suatu keperluan. Menurut Nuzulla Agustina data adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf – huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

 

Tahukah kamu bahwa umumnya orang di era modern ini setiap harinya melakukan kegiatan atau aktivitas yang kemudian menghasilkan berbagai macam data. Di mulai dari aktivitas kita di gadget seperti data text, photo, phone calls, video, searcher,dan music. Untuk satu orang saja dalam sehari bisa menghasilkan banyak data dalam aktivitasnya, setidaknya ketika beraktivitas di media sosial dan online game. Berbagai data tersebut dapat memberikan kita tentang berbagai informasi.

 

Itu untuk satu orang saja, bagaimana jika ditambah dengan orang – orang diseluruh dunia?. Pastinya akan menghasilkan data yang sangat besar. Untuk memproses berbagai macam data yang jumlahnya sangat besar tersebut membutuhkan wadah penyimpanan yang juga mampu menampung dan memprosesnya. Data berkapasitas besar tersebut biasa disebut juga sebagai big data. Dapat dikatakan big data merupakan data dalam jumlah yang sangat besar yang dikumpulkan, disimpan, diolah dan dianalisis untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi berbagai pihak sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijakan.

 

Kehadiran big data dimulai dari perluasan penggunaan internet dan kemajuan teknologi yang mengakibatkan pertumbuhan data yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu yang biasa dikenal dengan istilah ledakan informasi (information explotion) atau banjir data (data deluge). Dalam big data, terdapat 5 karakteristik yang tentunya dapat membantu kita untuk lebih memahami tentang big data dan manfaatnya, yaitu sebagai berikut :

 

1.   Volume, berarti data dalam kapasitas atau jumlah yang sangat besar dan dapat mengalami pertumbuhan yang sangat cepat sehingga membutuhkan disk space yang sangat besar dimana sistim komputasi tradisional tidak akan mampu menangani pengolahan data – data tersebut. Seperti misalnya berbagai data yang dihasilkan dari kegiatan belanja di platform bisnis online di seluruh dunia yang terkumpul seperti data record transaction, personal information pelanggan, diskusi/chatting antara pelapak dan pembeli, dan lain – lain.

 

2. Variety, maksudnya ialah terdapat berbagai macam jenis data yang tersedia. Umumnya terbagi atas 3 yaitu data terstruktur, data semi-terstruktur dan data tidak terstruktur. Secara sederhana data terstruktur yaitu data yang dapat diketahui artinya dan siap digunakan tanpa perlu diproses lagi seperti data penjualan di excel, data diri karyawan dalam database perusahaan, posisi pekerjaan, daftar gaji, traffic pengunjung toko online dan lainnya yang ditampilkan secara terorganisir atau teratur hingga membentuk satu – kesatuan data. Sedangkan data semi-struktur atau tidak terstruktur sederhananya yaitu data yang memerlukan waktu untuk diproses agar dapat diketahui arti dari data tersebut dan dapat digunakan seperti data text, audio, video, photo.

 

3.  Velocity, berarti kecepatan yang sangat cepat untuk data dapat diterima, diakses dan bahkan langsung digunakan, seperti saat kita melakukan pencarian informasi atau data di internet. Berbeda jika kita menggunakan laptop yang memory nya telah dipenuhi oleh data, maka tentunya laptop tersebut akan menjalankan perintah dan mengolah informasi dengan kecepatan yang lambat atau biasa dikatakan ”lelet”.

 

4.   Veracity, artinya kejujuran atau kebenaran data yaitu akurasi data yang mampu dihasilkan. Tentunya dengan big data ini, akurasi data dapat dipercaya karena diproses secara otomatis dan langsung berasal dari sumber data. Seperti data perhitungan gaji, data hasil analisa bisnis, dan sebagainya.

 

5. Value, berarti bernilai yaitu seberapa berharga atau bernilainya data tersebut bagi stakeholders atau para pemangku kepentingan yang akan menggunakan data tersebut. Seperti misalnya dalam dunia bisnis, penggunaan big data ini dapat memberikan hasil analisa marketing atau analisa salah satu pergerakan harga instrumen pasar keuangan yang akurat dan cepat sehingga dapat menunjang bisnis atau dalam industri kesehatan seperti mempermudah dan mempercepat dalam mendeteksi penyakit, pengobatan yang lebih baik dan efisiensi biaya.

 

Penggunaan big data ini dapat dikatakan akan membawa perubahan dalam berbagai hal, salah satunya dalam hal bisnis dimana data tidak perlu lagi disimpan dan dikelola secara manual melainkan dapat dikelola secara otomatis dan lebih efisien yang pada akhirnya akan berdampak pada pengurangan pemanfaatan SDM. Dan yang terpenting, tidak penulis ingin mengingatkan bahwa manfaatkanlah big data ini untuk sesuatu yang tidak melanggar syariat/aturan agama. Jika ada dari pembaca yang merupakan ahlinya atau yang lebih tahu dan mampu menjelaskan secara lebih sederhana maka boleh untuk menambahkan atau mengoreksi dikolom komentar ya.  Semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)