ANALISIS DAN PERSPEKTIF : PERKEMBANGAN KESEHATAN BISNIS SILOAM INTERNATIONAL HOSPITAL



A.  Seputar Perusahaan

PT. Siloam International Hospitals Tbk merupakan perusahaan operator jaringan rumah sakit swasta terbesar di Indonesia yang berada di bawah Lippo Group melalui PT. Lippo Karawaci Tbk yang memegang kemepimilikan sebesar 78,85% secara tidak langsung. 


Sampai dengan akhir tahun 2015, perseroan mengoperasikan 20 rumah sakit dimana 7 diantaranya berlokasi di Jabodetabek dan sisanya tersebar di berbagai kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Bali, Jambi, Balikpapan dan Makasar. Sebagai perbandingan, di tahun 2019 ini perusahaan telah mengoperasikan 35 rumah sakit atau bertambah 15 rumah sakit dalam waktu 4 tahun.


Perseroan juga merupakan salah satu operator rumah sakit dengan teknologi medis terbaru, seperti Gamma Knife (teknologi operasi bedah saraf dan radiasi whole brain  konservatif), Linear Accelerators (teknologi radioterapi melawan kanker), Cyclotron (teknologi radiofarmaka dan pengembangan obat) yang belum banyak dimiliki oleh rumah sakit swasta maupun pemerintah lainnya. 


Hal diatas menjadikan perseroan sebagai salah satu operator jaringan rumah sakit dengan teknologi termutakhir di Indonesia yang juga memberikan berbagai pelayanan berkelas internasional sesuai dengan visi dan misi perseroan.



B.  Kondisi Kesehatan dan Peluang Bisnis

Perhatian pemerintah terkait kesehatan masyarakat dengan memberikan berbagai insentif fasilitas kesehatan melalui berbagai program jaminan kesehatan tentunya menjadi kabar baik yang akan mendongkrak kinerja perusahaan.


Selain itu, perseroan yang merupakan bagian dari Lippo Group menjadikan perseroan memiliki dukungan sumber daya yang kuat sehingga tidak mudah dikalahkan oleh kompetitor. Sinergi strategis antara perseroan dengan Lippo Group.


Seperti dalam pengamanan berbagai lokasi tanah strategis oleh Lippo Group yang dekat lokasi residensial, industri dan lain sebagainya di kota – kota besar di seluruh Indonesia dan juga menyuplai tenaga medis seperti dokter melalui jaringan Universitas Pelita Harapan (UPH) yang membuat perseroan tidak akan kekurangan lokasi pembangunan rumah sakit baru yang strategis dan juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. 


Selain itu, perseroan pun gencar berekspansi dibandingkan dengan para kompetitornya. Ke depannya perseroan menargetkan membuka, rata – rata empat rumah sakit setiap tahunnya, ini mengindikasikan bahwa perseroan memiliki prospek kinerja yang gemilang atau menjanjikan.

Baca juga : 

 

C.  Risiko Kesehatan Bisnis Perusahaan

Selain mengindikasikan propek yang baik, ekspansi yang dilakukan oleh perusahaan dapat menjadi risiko tersendiri bagi bisnis perusahaan apabila mengalami penundaan atau masalah.
Perekonomian yang diprediksi oleh berbagai pihak akan mengalami perlambatan bahkan krisis pun akan menjadi tekanan untuk perseroaan mengingat perseroan merupakan rumah sakit dengan pelayanan berkelas.


Ketergantungan perseroan terhadap pemegang saham pengendali dalam hal ini Lippo Group dan mitra strategis sehubungan dengan pengembangan, penyediaan gedung dan lokasi rumah sakit menimbulkan resiko yang berasal dari luar perseroan.


Artinya ketika pemegang saham pengendali mengalami masalah atau penurunan dalam bisnisnya tentu akan sangat berpengaruh pada kinerja dari perseroan, mengingat kembali kondisi perekonomian yang diprediksi melambat bahkan akan terjadi krisis yang tentunya mempengaruhi kinerja dunia usaha secara umum.


Perlu juga menjadi perhatian perseroan terkait kinerja BPJS kesehatan yang terus mengalami penurunan hingga defisit bahkan dikabarkan menunggak diberbagai rumah sakit yang tentunya dapat mengganggu cashflow serta operasional perseroan selaku salah satu mitra rumah sakit dari BPJS kesehatan. 


Sebagai informasi, BPJS Watch menyebutkan per 30 Agustus 2019 klaim atau tunggakan BPJS kesehatan terhadap berbagai mitra rumah sakitnya sebesar Rp 13 triliun. Caroline Riady selaku Executive Director Siloam Hospitals yang dikutip dari Tribunnews.com (24/06/19) mengatakan sekitar 25 – 27 persen dari pendapatan Siloam Hospitals berasal dari pasien BPJS kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)