CERITA : CARA MEMAAFKAN DIRI SENDIRI

Forgive Yourself : Indra Y.P

Pernah nggak kamu merasa bersalah banget sesaat setelah menyakiti orang lain atau berbuat salah, baik sengaja maupun tidak sengaja. Bahkan perasaan tersebut bisa sampai berlarut – larut. Sebenarnya perasaan seperti itu sangat baik, sebab “sebaik – baiknya orang beriman adalah segera menyadari kesalahannya dan meminta maaf”. Tapi kalau sampai berlarut – larut di baperin, itu bisa menggalaukan. Terjebak dalam perasaan bersalah terus menerus hingga membuat hidup menjadi tidak damai. Maka belajarlah untuk memaafkan diri sendiri.


Agar dapat memaafkan diri sendiri, maka alangkah pentingnya untuk berbelas kasih terhadap diri sendiri. Semua orang termasuk diri kita sendiri merupakan mahkluk Allah SWT atau Tuhan yang layak mendapat belah kasih. Tidak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah. Dalam prosesnya, jadikanlah itu sebagai pelajaran untuk diri sendiri dan berusaha agar tidak melakukannya lagi. Dengan kata lain, melalui pengalaman tersebut kita memiliki kesempatan untuk berubah dan menjadi lebih baik. Selain itu, bertekad dan berjanjilah serta nasehati diri sendiri untuk tidak melakukannya lagi.


Setelah itu, jalanilah hidupmu sekarang dengan pandangan masa kini, bukannya dengan pandangan masa lalu. Pandanglah diri sendiri dengan pandangan masa kini sebagai orang yang sedang melakukan dan punya kesempatan untuk berubah, belajar, dan bertumbuh lebih baik lagi. Jadikan kesalahan masa lalu sebagai pelajaran untuk mencapai kehidupan yang lebih bijaksana ke depannya.

https://kazenime22.blogspot.com/2020/02/cerita-beneran-introvert-kenali-ciri.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/02/cerita-rasanya-kala-tulus-hati-berbalas.html

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)