CERITA : MENGENAL LEBIH DEKAT KEPRIBADIAN INTROVERT




Mereka yang cenderung pendiam dan jarang bergaul dengan orang lain serta aneh, dikenal sebagai introvert. Keberadaan mereka yang minoritas menjadi penyebab di anggap aneh oleh sebagian besar orang yang merupakan berkepribadian ekstrovert.

 

Tak jarang orang - orang  ini mendapatkan perlakuan yang buruk dari lingkungan disekitarnya. Perlakuan buruk ini umumnya lebih terlihat ketika masih duduk di bangku sekolahan. Seperti di hina dengan sebutan autis atau menerima gangguan secara fisik lainnya :

 

Identifikasi Ciri - Ciri Orang - Orang Dengan Kepribadian Introvert 

Maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk mengenal sosok kepribadian minoritas tersebut agar kita tidak salah paham dan dapat lebih bijak dalam bersosial dengan mereka. Yuk kenali ciri - cirinya secara mendalam.

 

Pertama, mereka cenderung lebih mudah lelah ketika berada di tengah keramaian. Lelah disini bukan lelah secara fisik melainkan lelah secara pikiran. Biasanya mereka akan mencari waktu untuk menyendiri atau segera pergi dari lingkungan tersebut.

 

Kedua, lebih aktif berkomunikasi secara tulisan dibandingkan secara lisan. Mereka akan terlihat pendiam dan pemalu ketika berhadapan langsung. Tetapi mereka terlihat lebih aktif ketika komunikasi terjadi secara tulisan.

 

Ketiga, sangat detail terhadap sesuatu yang ia pelajari atau yang ingin diketahuinya. Misalnya jika orang umumnya bertanya satu ditambah satu hasilnya berapa maka mereka akan bertanya mengapa harus satu ditambah satu dan mengapa hasilnya segitu.

 

Keempat, lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara. Berbicara secara spontan merupakan hal sulit bagi mereka terkecuali kepada mereka yang dekat atau setidaknya telah dianggap dekat. Cenderung berbicara seperlunya saja.

 

Kelima, memiliki sedikit teman namun sebagian besar atau semuanya merupakan sahabatnya. Kurang mampu berbicara spontan membuat sulit memulai. Hanya orang - orang tertentu saja yang mampu menjalin hubungan lebih dalam dengan mereka.

 

Keenam, cara mereka mengisi kembali energi ialah menyendiri atau bersama orang - orang tercinta dalam suasana tenang. Bukannya tidak suka terhadap orang lain, melainkan mereka lebih merasa nyaman sendiri atau bersama orang - orang dekatnya saja.

 

Ketujuh, lebih kreatif dan mampu berpikir saat sendiri dibandingkan saat berada di keramaian. Biasanya ketika mengerjakan tugas kelompok mereka cenderung kurang aktif sedangkan hasil tugas mandiri mereka lebih bagus atau sangat bagus.

 

Kedelapan, lebih memfokuskan diri untuk menghabiskan waktu bersama orang - orang terdekatnya. Bukan berarti mereka tidak mau bersosial dengan orang lain. Hanya saja prioritasnya adalah bersama orang terdekat yang telah mereka merasa nyaman.

 

Kesembilan, umumnya sangat jarang keluar rumah. Kalaupun ingin keluar rumah, mereka memiliki tujuan yang spesifik yang telah mereka tentukan dan rencanakan sebelum keluar. Perilaku mereka ini yang terkadang membuat lingkungan sekitarnya salah paham.

 

Kesepuluh, umumnya mampu bertahan lebih lama dengan rutinitas yang sama. Ini merupakan salah satu ciri khas mereka sehingga lebih mudah ditebak. Bahkan saat jajan atau berbelanja pun mereka akan belanja atau jajan produk yang sama setiap waktunya.

 

Kesebelas, terlihat tidak peduli dari luar namun sebenarnya sangat peduli dengan orang lain. Mereka tidak mau kepeduliannya terungkap dan hanya di simpan dalam hati serta pikirannya saja. Mereka lebih suka peduli dan berbuat secara diam - diam.


Keduabelas, dalam hubungan percintaan umumnya tidak mudah jatuh cinta & mendapat pasangan. Tidak pandai bicara spontan, keterbatasan untuk berlama - lama di keramaian sehingga jarang keluar, tidak pintar bergaul yang sering dikira sombong.


Ketigabelas, biasanya menjawab sapaan sesuai dengan sapaan yang diberikan. Misalnya jika kamu berpapasan di jalan dengan teman atau ia yang seorang introvert lalu say "hai", maka si introvert pun akan menjawab "hai" lalu lewat dan pergi begitu saja, terkecuali kamu memanggilnya atau mengajaknya mengobrol.


Tiga ciri pertama merupakan ciri khas utama seorang introvert yang hanya ada pada introvert. Hal - hal tersebut yang membuat seorang introvert sangat pasif kepada orang yang baru dikenalnya, terlebih jika lebih dari satu orang sekaligus. Bahkan terkadang seorang introvert mendapatkan pasangannya disebabkan karena pasangannya yang lebih banyak aktif.

 

Secara singkatnya, orang - orang yang berkepribadian introvert merupakan orang - orang yang berfokus pada internal kehidupannya dan orang - orang yang dianggapnya dekat serta tidak mudah terbuka pada orang lain.


https://kazenime22.blogspot.com/2020/02/cerita-beneran-introvert-kenali-ciri.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/cerita-tuk-cinta-tak-mudah-mendua_30.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/02/cerita-rasanya-kala-tulus-hati-berbalas.html 
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/cerita-bahaya-lebih-dan-kurang-tidur.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/cerita-kesabaran-tuk-berubah-dari.html
http://kazenime22.blogspot.com/2019/09/cerita-beberapa-sifat-yang-tanpa-di.html 
http://kazenime22.blogspot.com/2019/09/cerita-cara-untuk-bertahan-di-pekerjaan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2019/03/inspirasi-bisnis-dan-umum-belajar-dari.html 
http://kazenime22.blogspot.com/2019/04/cerita-cinta-tak-harus-berujung-memiliki.html

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)