MARKETING MANAGEMENT : TIPS MENARIK PEMBELI, KONSUMEN DAN PELANGGAN



Penjualan merupakan kegiatan yang paling krusial dari setiap bisnis. Tanpa penjualan yang baik, bisnis apapun tidak dapat berjalan dengan baik dan bertahan. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk menarik minat pembeli atau konsumen dan pelanggan sehingga mereka mau untuk membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

 

Dalam hal ini manajemen pemasaran atau divisi pemasaran memiliki peran yang besar dalam merencanakan dan merealisasikan penjualan yang telah ditargetkan. Beberapa strategi yang digunakan oleh beberapa perusahaan untuk mendongkrak penjualan seperti diskon atau harga murah atau menggunakan strategi “bakar uang”.


Berikut ini merupakan tips dan cara agar sebuah bisnis dapat mengundang respon calon pembelinya selain harga yang murah dan diskon :

 

Identifikasi orang – orang yang membutuhkan produk yang dijual (Targeting)

Perlu diingat bahwa tidak semua orang akan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Untuk itu perlu mengidentifikasi orang – orang yang memiliki ketertarikan dan berpotensi melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan agar costs yang dikeluarkan menjadi efektif dan efisien.

 

Seperti misalnya jika sebuah bisnis menawarkan produk sepatu bola, maka harus menawarkannya kepada orang – orang yang menyukai olahraga bola. Tentunya ini akan menjadi wasting cost and wasting time apabila perusahaan memasarkan produknya kepada semua orang, apalagi menawarkannya kepada ibu – ibu arisan yang tentunya tidak tertarik.

 

Gunakan sesuatu yang dapat menarik perhatian orang (Attention)

Sesuatu yang dapat menarik perhatian disini dapat berupa kata – kata ataupun gambar atau gabungan dari keduanya. Seperti misalnya menggunakan kata – kata yang sedang tren dikalangan anak muda dan menggunakan gambar model pria yang sedang menggunakan sepatu bola.

 

Contohnya memajang foto pria keren yang menarik dengan menggunakan sepatu yang dibawah gambarnya tertulis “Indra Shoes, harga enteng kualitas bukan kaleng – kaleng”. Menampilkan display yang menarik menggunakan manekin lengkap yang menggunakan sepatu dan pakaian yang matching dan keren.

 

Tunjukkan keunikan tersendiri yang dimiliki produk yang dijual (Interest)

Keunikan ini bertujuan untuk lebih meninggalkan kesan kepada orang agar lebih tertarik terhadap produk yang dijual. Seperti misalnya memiliki keunikan atau satu – satunya toko sepatu bola dikota Bitung yang memiliki pelayanan yang sangat ramah atau satu – satunya toko sepatu terlengkap dikota Manado.

 

Menyentuh hasrat calon konsumen untuk melakukan pembelian (Desire)

Setelah berhasil memancing ketertarikan orang terhadap produk yang dijual, selanjutnya perlu dilakukan stimulasi lebih lanjut agar semakin besar keinginan orang – orang atau target market untuk membeli. Misalnya menyediakan produk sepatu bola yang khusus untuk dicoba oleh setiap calon pembeli beserta cermin full body.

 

Memancing keinginan konsumen untuk segera membeli (Action)

Ketika calon konsumen telah memiliki keinginan membeli yang kuat, maka selanjutnya ialah membuatnya untuk segera action untuk membeli dengan menggunakan strategi scarcity (keterbatasan) and urgency (mendesak). Misalnya menawarkan sepatu bola dengan bonus tiket nonton bola untuk 5 orang pembeli pertama.

 

Jadi, tidak harus selalu mengandalkan diskon dan harga yang murah untuk menarik pembeli atau konsumen dan pelanggan. Sebab ketika sebuah bisnis berfokus pada diskon dan harga yang murah, maka ia akan terjebak dalam perang harga sehingga rentan ditinggalkan konsumen dan pelanggan ketika terdapat produk sejenis atau subtitusi yang lebih murah. Dan yang terpenting adalah jangan gunakan cara dan strategi yang haram dan tidak baik.

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)