INSPIRASI BISNIS : DAYA TARIK PSIKOLOGI DALAM DAFTAR MENU
Daftar Menu : By Indra. Y.P
A. Daftar
Menu Dan Psikologi
Menurut Kinton dan Caserani (yang dikutip oleh sudiara, 2000 : 1) disebutkan bahwa "menu or bill of fare is a list of prepared and presentation should attract customer and represent value of money". Kemudian menurut Endar Sugiarto dan Sulatiningrum (2001:106) menyatakan bahwa "menu adalah daftar makanan yang telah dipersiapkan yang tersedia di dalam restoran tersebut.
Daftar menu merupakan sesuatu yang pasti kita temui di restoran dan sebagian usaha kuliner. Mungkin bagi sebagian besar orang ini merupakan hal biasa, akan tetapi ini merupakan hal yang juga sangat diperhatikan bagi para pengusaha dan manajer sebagai salah satu metode untuk membuat bisnis kuliner yang di kelola dan atau dimilikinya laris.
Kebanyakan
dari kita sebagai konsumen ketika melihat daftar menu yang disajikan mungkin
secara sadar akan terasa biasa saja, akan tetapi secara tidak sadar terdapat
hal – hal yang dapat mempengaruhi kita ketika melihat daftar menu tersebut,
seperti misalnya mempengaruhi kita untuk mencoba menu lain dan cenderung
memesan menu yang sama, bingung ingin memesan yang mana ketika melihat menu dan
sebagainya.
Kuliner : By Indra Y.P
B. Menarik
Perhatian Melalui Menu
Bagi sebagian besar pengusaha pada umumnya, diskon dan
harga murah merupakan cara mutlak mereka menarik perhatian konsumen. Itu
tidaklah salah, akan tetapi jika fokus strateginya pada diskon dan harga murah,
kita akan terjebak pada perang harga dan persaingan yang sangat ketat yang
tentunya akan dimenangkan oleh mereka yang memiliki modal dan jaringan yang
kuat dan luas,
Namun, bagi sebagian lagi pebisnis tidak akan berfokus pada harga yang
dapat memancing perang harga, melainkan mereka akan lebih menitikberatkan pada
pengaruh psikologi dalam setiap bagian dari bisnis tersebut.
Salah satunya
ialah melalui desain daftar menu. Daftar menu yang di buat sedemikian rupa
tentunya akan dapat mempengaruhi psikologi konsumen dan memberikan potensi pendapatan
bagi bisnis kuliner. Berikut beberapa tips terkait desain daftar menu yang baik
:
1.
Melakukan
Pembatasan Menu
Daftar menu yang baik ialah selalu memperhatikan teori psikologi yang
mengatakan bahwa semakin banyak pilihan yang kita miliki, maka semakin membuat viewer atau dalam hal ini konsumen
merasa cemas dan bingung. Artinya secara khusus daftar menu harus dibuat
sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kedua perasaan tersebut.
Menurut psikologi, daftar menu yang efisien ialah berjumlah 7 menu pada setiap kategori. Misalnya seperti 7 menu untuk kategori appetizer, 7 menu untuk kategori main course dan 7 menu untuk kategori dessert.
Menurut psikologi, daftar menu yang efisien ialah berjumlah 7 menu pada setiap kategori. Misalnya seperti 7 menu untuk kategori appetizer, 7 menu untuk kategori main course dan 7 menu untuk kategori dessert.
Menurut
seorang ahli pembuat menu yang bernama Gregg Rapp, ketika menu menyertakan
lebih dari 7 item, pelanggan akan kewalahan dan bingung. Ketika mereka bingung,
biasanya akan secara otomatis memilih item yang pernah mereka coba sebelumnya.
Tentunya jika terjadi demikian, maka akan mempengaruhi pendapatan bisnis
kuliner yang dikelola dan dapat menimbulkan opportunity
cost yang besar.
2.
Penambahan
Nilai Estetika Terkait Produk
Daftar menu makanan akan lebih banyak mempengaruhi indera penglihatan
konsumen sehingga hal – hal yang dapat memanjakan indera inilah yang sering digunakan
untuk mempengaruhi psikologi konsumen atau pelanggan.
Salah satunya ialah
dengan penggunaan gambar. Berdasarkan hasil penelitian, disebutkan bahwa
menambahkan gambar akan meningkatkan penjualan sebesar 30 persen terhadap menu
tersebut.
Sebuah penelitian yang di adakan oleh Lowa State University, dimana peneliti melakukan uji coba pada anak
– anak untuk menampilkan gambar salaq.
Hasilnya, ketika melakukan pemesanan menu, sebanyak 70 persen anak – anak tersebut
memesan salaq untuk makan siang. “Anda
merespon gambar seperti Anda merespon makanan di depan Anda.
Jika Anda lapar,
otak Anda akan otomatis merespon ‘aku harus makan makanan yang ada di gambar
itu,” ucap Brian Mennecke, seorang professor sistim informasi. Secara lebih
spesifik lagi bahwa efek gambar ini akan lebih berpengaruh pada gambar yang
dapat bergerak atau berputar, sebab gambarnya semakin terlihat jelas,
realistis.
3.
Manipulasi
Harga
Memanipulasi harga disini bukan dalam arti yang negatif seperti terjadi
perbedaan harga saat melakukan pembayaran dan sebagainya. Melainkan yang
dimaksud dengan memanipulasi harga di sini ialah dengan membuat label harga
yang mencolok.
Semisal harga yang umumnya ditulis Rp 30.000 kemudian di ubah
menjadi 30k. Sebab ini akan memberikan kesan lebih sedikit atau murah pada
psikologi seseorang secara tidak sadar sehingga dapat memicu konsumen untuk
memesan banyak menu.
Selain penulisannya, juga dari sisi penentuan harganya juga sangat
berpengaruh. Pasti kita sering menjumpai harga Rp 29,950 atau Rp 89.999 atau Rp
99.999 atau Rp 29.000 atau Rp 4.999.999 yang tertera pada produk – produk barang
yang di jual di minimarket atau supermarket bahkan di mall.
Pernahkah kita
bertanya kenapa mereka menentukan harga dengan jumlah yang ganjil seperti itu,
kenapa tidak sekalian saja Rp 100.000 atau Rp 5.000.000? Nah, tahukah kamu
bahwa itu merupakan salah satu cara para manajer yang merupakan bagian dari
estetika angka untuk dapat menarik perhatian mata konsumen.
4.
Tata
Letak Menu
Seperti minimarket atau supermarket yang menempatkan item atau produk –
produk potensialnya pada etalase yang mudah dilihat oleh mata konsumen,
demikian juga yang diterapkan dalam bisnis restoran atau kuliner.
Daftar menu
yang baik akan menempatkan menu utamanya pada sisi kiri atas. Sebab kiri atas
umumnya merupakan sudut dimana orang akan pertama menulis. Kemudian makanan
pembuka berada di kanan atas, serta makanan penutup berada di bawahnya.
Cara
lainnya yang dapat dilakukan ialah dengan menempatkan menu special atau menu
andalan secara terpisah dan khusus dari menu lainnya. Sebab penempatan yang
terpisah tersebut kan memberikan kesan berbeda dan istimewa bagi konsumen.
Contohnya, coba bandingkan kesan yang ada di hati dan pikiran Anda ketika Anda
lulus kuliah dengan nilai terbaik yang kemudian ditempatkan pada nomor urut
teratas yang disertai warna kuning emas, dengan ketika Anda lulus dengan nilai
terbaik namun ditempatkan pada urutan yang acak dan hanya di ketik tinta hitam
biasa seperti mahasiswa lainnya.
5.
Penggunaan
Warna
Berdasarkan penelitian, warna yang
menenangkan dan cocok untuk restoran ialah warna biru, sehingga seringkali
digunakan untuk menciptakan rasa nyaman. Akan tetapi, kebanyakan dari usaha
kuliner dan restoran khususnya, memilih warna
merah dan kuning.
Hal ini juga
dapat dibenarkan karena warna merah dapat
merangsang nafsu makan, sedangkan warna kuning
akan menarik perhatian. Maka akan lebih baik jika ketiga warna ini
digabungkan untuk menarik perhatian pelanggan. Nah, pernahkah kita bertanya
mengapa minimarket Indomaret dan Alfamart identik dengan ketiga warna tersebut?
Penjelasan di atas ialah jawabannya.
6.
Penggunaan
Bahasa Unik
Tidak asing lagi bahwa terkadang kita melihat atau mendengar nama sebuah
menu makanan juga minuman yang di beri nama secara unik. Misal menu yang di
sajikan dengan nama “Mie Goreng” tentu akan terkesan biasa jika dibandingkan
dengan menu “Mie Goreng Gondrong”.
Nama yang unik akan membuat konsumen
penasaran dan berpikir bahwa menu tersebut berkualitas serta tidak ada di restoran
atau rumah makan lainnya sehingga patut untuk dicoba.
7.
Membuat
Nostalgia
Dalam diri kita masing – masing pasti memiliki satu makanan yang akan
membawa kita mengingat zaman masih atau beberapa tahun sebelumnya. Nah, pelaku
usaha kuliner khususnya restoran akan memanfaatkannya untuk meraih laba yang
banyak. Umumnya restoran akan menyediakan beberapa menu ringan yang “jadul”
untuk membuat konsumennya bernostalgia.
Semoga bermanfaat ya. . . :-)
http://kazenime22.blogspot.com/2019/03/inspirasi-bisnis-dan-umum-belajar-dari.html?m=1
http://kazenime22.blogspot.com/2019/03/inspirasi-bisnis-pahit-manis-kisah.html?m=1
http://kazenime22.blogspot.com/2019/03/inspirasi-bisnis-dan-umum-belajar-dari.html?m=1
http://kazenime22.blogspot.com/2019/03/inspirasi-bisnis-pahit-manis-kisah.html?m=1
Comments
Post a Comment