ANALISIS DAN PERSPEKTIF : CONTOH ANALISA ERA BARU PENURUNAN SUKU BUNGA




A.  Pertimbangan Otoritas
Setelah sekitar 8 bulan mempertahankan suku bunga di level 6% demi menjaga stabilitas ekonomi khususnya menjaga agar investasi di tanah air tetap menarik, akhirnya Pada hari kami 18 Juli 2019 Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan 25 bps suku bunga level 5,75%. 


Keputusan ini diambil dalam RDG BI yang telah dimulai sejak 17 juli 2019 hingga 18 Juli 2019 setelah mempertimbangkan berbagai pertimbangan baik secara global maupun domestik. Keputusan ini diambil Bank Indonesia dengan  mempertimbangkan dua hal penting yaitu laju inflasi yang terjaga dan momentum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bahwa BI memantau berbagai kondisi global baik pertumbuhan ekonomi, perang dagang dan arus modal asing.


Perekonomian global yang melemah semakin menekan komoditas termasuk minyak. Sejumlah bank sentral di berbagai negara maju maupun berkembang merespon kondisi itu dengan dovish sebagai stimulus sekaligus untuk mengimbangi efek ketegangan global.


Perang dagang yang masih terus terjadi dan penuh ketidakpastian mengakibatkan perlambatan kinerja neraca perdagangan di sejumlah negara. Penurunan jumlah ekspor yang mengalami penurunan mengakibatkan penurunan impor serta investasi nonbangunan yang tumbuh terbatas.


Meskipun begitu aliran dana asing masih tetap konsisten melirik market Indonesia. Menurut penilaian yang dilakukan Bank Indonesia, aliran masuk modal asing tercatat surplus besar didorong oleh prospek perekonomian domestik yang baik dan diperkirakan defisit transaksi berjalan 2019 diperkirakan lebih rendah dibandingkan dengan defisit transaksi berjalan 2018 yaitu dikisaran 2,5% -  3%.


B.  Kinerja Nilai Tukar Rupiah
Pergerakan mata uang Garuda yang semakin membaik pun mengindikasikan market Indonesia masih cukup menarik. Terbukti melalui tren jangka pendek-menengah rupiah yang mulai berbalik arah dan kini berlabuh di angka Rp 13.935 setelah sebelumnya sempat menyentuh Rp 15.216 per dolar pada 21 Oktober 2018.


Selain itu, prospek ekonomi Indonesia pun semakin baik yang dibuktikan dengan pemberian peringkat utang Indonesia yang lebih baik dari BBB- menjadi BBB dengan outlook stable oleh lembaga S&P. Dalam CNN Indonesia ekonomi pada 31 Mei 2019, laporan dari S&P menyatakan ekonomi Indonesia secara konsisten lebih baik dari negara – negara dengan tingkatan pendapatan  yang sama.


Lebih jauh tentang pergerakan rupiah, pembaca juga dapat melihat proyeksi sederhana yang dibuat penulis di link berikut https://kazenime22.blogspot.com/2019/03/analisis-dan-perspektif-proyeksi.html.  



C.  Pandangan Ekonom Terhadap Gerak Suku Bunga
Dari 33 ekonom yang di survei bloomberg, sebanyak 27 ekonom memperkirakan BI akan memangkas suku bunga sebanyak 25 bps ke level 5,75%, sementara 6 ekonom sisanya masih memperkirakan BI akan mempertahankan suku bunga acuannya di 6%. 


Menurut Ekonom PT. Pemeringkat Efek indonesia (Persero) Fikri C. Permana memperkirakan hasil RDG BI bulan ini akan menurunkan suku bunga 25 bps dengan alasan inflasi yang cenderung stabil dan terjaga dalam target BI 3,5% memungkinkan berada pada posisi 3% sampai akhir tahun serta tren yield SUN domestik dan yield US Treasury yang masih sangat besar dan juga net ekspor Indonesia yang positif dalam dua bulan terakhir. Selain itu rupiah juga cenderung stabil.


Dan terakhir sebagai seorang muslim penulis ingin mengingatkan agar tidak ikut serta dalam kegiatan bisnis maupun investasi terkait suku bunga di atas, baik sebagai investor dan atau konsumen maupun investee termasuk pihak lainnya yang ikut andil dalam praktiknya di luar dua pihak tersebut karena itu merupakan riba dan tolong – menolong dalam riba.


Cukup jadikan tulisan diatas sebagai referensi pengetahuan atau mungkin sebagai tambahan analisis untuk mencari harta yang halal saja. Semoga bermanfaat ya, khususnya untuk saya pribadi. Amin.

Semoga bermanfaat ya. . . :-)
http://kazenime22.blogspot.com/2019/04/perspektif-dampak-fenomena-air-asia-dan.html
https://kazenime22.blogspot.com/2020/01/bisnis-dan-investasi-analisis-bisnis.html 
https://kazenime22.blogspot.com/2019/12/bisnis-dan-investasi-cara-mudah.html
http://kazenime22.blogspot.com/2019/07/analisis-dan-perspektif-era-baru.html

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)