CERITA : AMAN MENYUSUI DI TENGAH WABAH CORONA



Akhir – akhir ini dunia diguncang oleh wabah virus corona atau covid-19 yang diberitakan berawal dari sebuah pasar di Wuhan. Tidak main – main, jumlah orang dengan status ODP, PDP hingga yang positif serta meninggal dunia kian bertambah. Berdasarkan sumber data dari World Health Organization (WHO), hingga saat ini terdapat 203 kawasan atau negara yang terkena virus corona, kasus yang terkonfirmasi didunia sebanyak 827.419 dengan jumlah kematian 40.777.


Wabah covid-19 ini tidak hanya mengkhawatirkan bagi ayah terkait mencari nafkah, melainkan juga membuat ibu hamil dan menyusui pun khawatir, terlebih khusus bagi bumil yang dinyatakan positif terkena virus tersebut, umumnya akan khawatir bayi atau anaknya akan tertular covid-19 dari dirinya. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui ditengah wabah covid-19 :

1.   Menjaga kesehatan pernapasan dan memakai masker
2.   Mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh bayi
3. Secara rutin membersihkan bagian permukaan sebelum menyusui agar bayi terbebas dari kuman saat meminum ASI.
4. Apabila merasa dalam keadaan tidak sehat untuk memberikan ASI, maka ibu dapat memompa ASI atau mendapatkan donor ASI dan relaktasi.


Relaktasi adalah upaya untuk menyusui kembali setelah sempat berhenti. Namun jika ibu memutuskan untuk berhenti sementara untuk menyusui, biasanya produksi ASI akan berkurang bahkan berhenti akibat tidak ada lagi rangsangan untuk memproduksi ASI dan membuat tubuh mengira bahwa ASI sudah tidak diperlukan lagi. Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan keberhasilan ibu menyusui dalam melakukan relaktasi :

1.   Usia bayi masih dibawah 3-4 tahun
2.   Kemauan yang tinggi untuk kembali menyusui
3.   Cara relaktasi yang tepat
4.   Dukungan yang besar, khususnya dari orang tercinta

Dan yang paling penting lagi yaitu berdoa secara sungguh – sungguh kepada Allah SWT/Tuhan. Semoga bermanfaat ya... :-)

Comments

Popular posts from this blog

TEORI AKUNTANSI : MEMAHAMI SIFAT - SIFAT AKUNTANSI

ANGGARAN PERUSAHAAN : ANGGARAN PADA PERUSAHAAN JASA (SERVICE COMPANY BUDGET)

AKUNTANSI BIAYA : METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING METHOD)